Home » Berita Utama » Tunda Konvoi demi Kamtibmas
Tunda Konvoi demi Kamtibmas
Paslon Zainal Mus-Rais Adam (tengah) saat melaksanakan kampanye akbar bersama perwakilan partai pengusung di Pantai Indah Salakan, Jumat (10/2) lalu. Meski unggul dalam perolehan suara, paslon dengan tagline Zamra ini tidak jemawa dengan melakukan konvoi.

Tunda Konvoi demi Kamtibmas

SALAKAN-Rilis website KPU RI memang menempatkan Zainal Mus-Rais Adam unggul. Namun, tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati pilkada Bangkep nomor urut 3 itu,  tidak serta merta larut dalam kegembiraan yang berlebihan dengan menggelar konvoi atau pawai kemenangan.
Alih alih seperti itu, Zainal Mus malah mengimbau agar simpatisannya tetap tenang dan menunggu penetapan resmi dari KPU Bangkep.
Sikap mantan Ketua DPRD Kepulauan Sula tiga periode itu, semata mata untuk mengedepankan kepentingan yang lebih besar, yakni menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pasca votting day.
“Sementara kita tunda dulu. Mungkin nanti kita akan laksanakan doa syukuran dulu kalau sudah ada penetapan resmi dari KPU Bangkep,” kata Zainal, belum lama ini.
Dari parpol pengusung, Ketua Hanura Bangkep, Jufri Malinggong menyatakan, konvoi kemenangan belum dilaksanakan Zamra karena masih adanya perbedaan pendapat terkait hasil pilkada. Dia menyadari bahwa dua kandidat lain telah legawa dengan hasil votting day. Tetapi, masih ada satu pasangan calon lagi yang belum menerima itu. Sehingga, demi kenyamanan bersama, euforia atas hasil tersebut masih ditunda. “Nanti saja, kalau sudah ada penetapan KPU baru kita perlihatkan agar mereka sadar,” tuturnya.
Di sisi lain, sejumlah tim pemenangan Zamra juga tengah disibukkan dengan pengawalan rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Seperti rekapitulasi yang dikawal Sabaruddin Salatun di Kantor BPU Kecamatan Bulagi.
Dia mengaku, perhitungan masih berlangsung hingga sore kemarin dan semua berjalan aman terkendali. “Alhamdulilah rekapitulasi di PPK Bulagi tidak ada masalah. Sudah aman semua,” kata Sekretaris DPD Hanura Bangkep yang biasa disapa Bang Sabar.
Sabaruddin menjelaskan, pihaknya saat ini masih terfokus pada pengawalan hasil pilkada untuk menghindari adanya kecurangan dari oknum tak bertanggung jawab. Menurut dia, ini penting dilakukan agar nantinya hasil perhitungan saksi bisa sesuai dengan hasil perhitungan pada rekapitulasi kabupaten hingga penetapan pasangan calon pemenang. “Saya kira yang paling penting itu sekarang adalah pengawalan hasil supaya tidak ‘dibelokan’ lagi,” ujar Sabaruddin saat dihubungi, Jumat (17/2).
Terpisah, Kapolres Bangkep AKBP Heru Pramukarno juga menegaskan, seusai votting day tidak ada yang diizinkan melakukan konvoi kemenangan. Hal itu untuk menghindari ketersinggungan di masing-masing pendukung pasangan calon hingga penetapan pemenang oleh KPU nanti. (van)

About uman