Home » Politik » Bapemperda DPRD Ambil Alih Raperda TKA
Bapemperda DPRD Ambil Alih Raperda TKA
Evert Kuganda

Bapemperda DPRD Ambil Alih Raperda TKA

LUWUK— Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banggai, Evert Kuganda setuju apabila rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang tenaga kerja asing (TKA) diambil alih dari eksekutif. Selain sudah 2 tahun draf regulasi itu belum didorong di dewan juga TKA di Kabupaten Banggai sudah menjamur.
Kepada Luwuk Post, Senin (13/2) Evert mengatakan, regulasi yang mengatur tentang TKA masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda). Mestinya eksekutif menggenjotnya sehingga melahirkan produk hukum yang legal. Namun sejak 2015 lalu, raperda itu belum juga disahkan menjadi perda. “Saya sepakat atas saran anggota Bapemperda Mursidin agar draf regulasi itu dialihkan menjadi Perda inisiatif dewan,” ujar Evert.
Memang lanjut Evert, ada mekanisme yang dilakukan ketika ada pengambil alihan kewenangan. Tahapannya terlebih dahulu dibahas dalam Banmus dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Disana akan diketahui apa kendala sehingga draf itu lambat dibahas.
Masih menurut Evert yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai ini, TKA sudah menjamur di daerah ini. Ironisnya, mereka tidak hanya bekerja pada sejumlah perusahaan sesuai dengan skil atau keahlian. Akan tetapi sudah merambah sebagai pekerja kasar. Semisal kata Evert, berprofesi sebagai pembuat tahu, batako malah tenaga buruh bangunan. Hal ini berdampak buat para tenaga kerja lokal. “Ini berbahaya buat tenaga kerja lokal. Secepatnya aturan itu diterapkan,” kata aleg dapil III ini. (yan)

About uman