Home » Metro Luwuk » Waspada Gelombang Tinggi!
Waspada Gelombang Tinggi!
Awan bergelayut di langit Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sabtu (11/2). BMKG memprediksi perairan Banggai berpotensi dilanda hujan disertai petir.

Waspada Gelombang Tinggi!

LUWUK – Angin kencang dan gelombang tinggi akhir-akhir ini mulai melanda. Bahkan, dikabarkan angin puting beliung sempat melanda Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut beberapa waktu lalu.
Merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (12/2)  hingga Sabtu (18/2), perairan Banggai berpotensi hujan lebat disertai petir. Adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang mulai dari 1,25 meter hingga 2,50 meter.
Meski begitu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banggai Chaerudin Datu Adam mengaku, belum menerima informasi peringatan dini dari BMKG. “Kecepatan angin masih di bawah 100 ini,” kata Chaerudin, Kamis (9/2).
Menurut Chaerudin, kondisi ini sudah terjadi hampir setiap tahun. “Ini musim bawaan. Belum ada yang signifikan (geombang dan angin kencang),” jelasnya.
Sementara itu, Koordinator Basarnas Luwuk, Wibowo, juga mengonfirmasi, buruknya cuaca akhir-akhir ini belum menimbulkan korban jiwa. “Alhamdullilah sampai saat ini tidak ada info yang masuk ke kantor kami,” ujar Wibowo saat dihubungi, beberapa waktu lalu. (ali)

About uman