Home » Politik » Pelayanan KTP di Kecamatan Banyak Kendala
Pelayanan KTP di Kecamatan Banyak Kendala
Sudrianto Hanafi

Pelayanan KTP di Kecamatan Banyak Kendala

LUWUK— Keinginan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banggai untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, sepertinya terkendala. Selain banyak alat pencetakan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) yang tidak dapat dioperasikan, kendala lainnya minimnya blangko.
Fakta ini terungkap dalam rapat kerja (Raker) antara Disdukcapil Kabupaten Banggai bersama Komisi 1 DPRD Banggai, Rabu (8/2).
Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Banggai, Sudrianto Hanafi mengatakan, alat pencetakan dokumen kependudukan telah didistribusi pada sejumlah kecamatan, yakni Luwuk, Pagimana, Bualemo, Batui, Batui Selatan, Balantak, Toili, Simpang Raya dan Bunta. Namun dari sejumlah kecamatan itu hanya empat wilayah yang alatnya berfungsi. “Selebihnya error dan tidak bisa dioperasikan,” kata Sudrianto.
Tak itu saja kendalanya. Stok blangko yang terbatas juga memberi pengaruh belum begitu optimalnya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan itu. “Cetakkan blangkonya dari Jakarta. Dan saat ini masih proses tender,” ucap dia.
Anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Suprapto menyarankan agar Disdukcapil Kabupaten Banggai segera berkonsultasi dengan pemerintah pusat. “Segera pertanyakan pada pemerintah pusat, kapan blangko itu didistribusikan. Jangan sampai itu menganggu pelayanan Disdukcapil terhadap masyarakat,” kata Suprapto.
Disdukcapil Banggai menginformasikan, pada triwulan I ini akan diprogramkan kendaraan operasional pelayanan KTP langsung cetak. Kendaraan itu akan dioperasikan di kecamatan. (yan)

About uman