Home » Politik » Kantor Imigrasi ‘Curhat’ di DPRD Banggai
Kantor Imigrasi ‘Curhat’ di DPRD Banggai
Rifky Alisandrix

Kantor Imigrasi ‘Curhat’ di DPRD Banggai

LUWUK— Dari sejumlah instansi yang diundang Komisi 1 DPRD Banggai untuk menggelar rapat kerja (Raker), salah satunya Kantor Imigrasi Kelas III Banggai. Bukan orang nomor satunya yang hadir pada raker yang dipimpin Ketua Komisi 1 Winancy Ndobe itu. Melainkan diwakili oleh Kasubag Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigirasi Kelas III Banggai, Rifky Alisandrix.
“Mohon maaf pak Novri Momongan sedang mengikuti agenda kunker. Dan saya yang diberikan mandat untuk mewakilinya,” kata Rifky.
Saat ini kata Rifky, Kantor Imigrasi Kelas III Banggai membawahi enam kabupaten, yakni Banggai, Bangkep, Balut, Touna, Morowali dan Morowali Utara. Cakupan wilayah kerja itu, tidak berbanding dengan jumlah personil Imigrasi, yang hanya enam orang. Itu artinya setiap kabupaten ditangani satu personil. “Ini kendala. Tapi kami tetap fight,” kata Rifky.
Selain menjelaskan kondisi internal, dihadapan para anggota Komisi 1 Rifky juga bercurhat terkait respon perusahaan terhadap institusinya. Dia mengaku kesulitan dalam melakukan pendataan terhadap jumlah tenaga kerjas asing pada perusahaan besar di daerah ini.
Dibalik kendala tersebut, namun Rifky tetap optimis pihaknya mampu melaksanakan tugas secara optimal. Dan hal itu tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder di Kabupaten Banggai. “Kita siap optimal dalam melakukan pengawasan orang asing dan tenaga kerja asing. Tapi kami butuh dukungan semua pihak. Ada rencana kita akan naikkan status menjadi kelas II, jika perlu kelas I,” kata dia.
Asisten I Setda Kabupaten Banggai, Ramli Hanis mengatakan, sekalipun instansi yang baru beroperasi di daerah ini, namun Pemda memberi dukungan. Salah satunya dengan disiapkannya kantor untuk institusi itu. Lagi pula selama ini Pemda aktif berkoordinasi baik dengan Disnakertrans maupun pihak Imigrasi, utamanya masalah tenaga kerja asing. (yan)

About uman