Home » Politik » DPRD Banggai tak Berpeluang 40 Kursi
DPRD Banggai tak Berpeluang 40 Kursi
Sejumlah instansi mengikuti rapat kerja yang dilaksanakan Komisi 1 DPRD Banggai, Rabu (8/2).

DPRD Banggai tak Berpeluang 40 Kursi

LUWUK— Pada pileg 2019 mendatang, DPRD Banggai tidak punya peluang ketambahan jumlah legislator yakni dari 35 kursi menjadi 40 kursi. Diestimasi, hingga tahun 2018 mendatang jumlah penduduk di Kabupaten Banggai hanya bisa tembus 375 ribu lebih jiwa.
Dalam rapat kerja (Raker) Komisi 1 DPRD Banggai Rabu (8/2) kemarin, data jumlah penduduk antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai terdapat selisih.
Jika Disdukcapil Banggai saat ini penduduk Banggai berjumlah 365 ribu lebih, berbeda dengan BPS Banggai hanya 360 ribu lebih jiwa. “Ada sekitar 4 ribuan atau 2 persen selisihnya,” kata Kepala BPS Banggai, Muh. Said.
Pada rapat yang dipimpin Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Winancy Ndobe itu, Muh. Said menjelaskan, dalam kurun waktu 10 tahun, pihaknya melakukan sensus penduduk sebanyak tiga kali. Meski begitu, BPS juga menghitung angka pertumbuhan penduduk setiap tahun. “Sebelumnya 1,9 persen pertumbuhan penduduk per tahun di daerah ini. Angka itu sempat naik 2 persen lebih, menyusul maraknya industrialisasi,” kata Muh. Said.
Mencermati pertumbuhan penduduk setiap tahun itu, maka sulit pencapaian 400 ribu jiwa hingga 2019 mendatang. Hal itu bisa terjadi, apabila ada imigrasi luar biasa di Kabupaten Banggai. Estimasi BPS Banggai, hingga tahun 2018, jumlah penduduk di Kabupaten Banggai hanya bisa tembus pada angka 375 ribu lebih jiwa. “Kecuali bergabung penduduk dari Wentira (kampun jin) baru bisa mencapai 400 ribu lebih jiwa,” kata Muh. Said berkelakar.
Senada dengan BPS Banggai, Disdukcapil juga pesimis jumlah penduduk di daerah ini bisa mencapai 400 ribu lebih, sehingga pada pileg 2019 akan terjadi penambahan jumlah kursi di DPRD Banggai. (yan)

About uman