Home » Politik » Data BPS hanya Digunakan BPMPD
Data BPS hanya Digunakan BPMPD
Muh. Said

Data BPS hanya Digunakan BPMPD

LUWUK— Data jumlah penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai, sering tidak menjadi rujukkan. Meski begitu instansi vertikal ini tetap enjoy. Dihadapan Komisi 1 DPRD Banggai dalam rapat kerja (Raker), Rabu (8/2) kemarin, Kepala BPS Banggai, Muh. Said mengaku, semua kementrian melakukan pendataan penduduk. Dengan demikian banyak data tentang jumlah penduduk.
Muh. Said menjelaskan, dalam melakukan pendataan, BPS berpegang pada tiga hal, yakni data dasar, data sectoral dan data khusus. Dalam kurun waktu 10 tahun, BPS melakukan pendataan sebanyak tiga kali. Dan kalau data sifatnya nasional, maka BPS melaksanakan survei. “Konsep pendataan kami bersifat nasional. Makanya sampai saat ini BPS dipertahankan sebagai institusi vertikal,” ujarnya.
Tidak masalah lanjut Muh. Said, ketika hasil sensus BPS tidak menjadi rujukan. Bahkan pihaknya tidak merasa kecil hati, apabila angka kependudukan tidak bercermin dari data BPS. “Kami tidak sewot, dengan tidak dipakainya data kami. Gaji dan tunjangan kami tetap lancar,” kata dia.
Dari beberapa pihak, hanya BPMPD yang proaktif terhadap BPS. Malah instansi pemerintah itu menjadikan data BPS sebagai rujukkan terkait dana desa. “Selain BPMPD tidak ada yang menggunakan data kami, termasuk Dinas Sosial,” kata dia. (yan)

About uman