Home » Politik » Komisi 1 Gelar Raker Lintas Instansi
Komisi 1 Gelar Raker Lintas Instansi
Komisi 1 DPRD Banggai saat menggelar rapat internal untuk mempersiapkan kegiatan raker yang melibatkan lintas instansi, Selasa (7/2)

Komisi 1 Gelar Raker Lintas Instansi

LUWUK— Rabu (8/2) hari ini Komisi 1 DPRD Banggai kembali diperhadapkan dengan agenda kerja. Tapi kali ini lebih padat. Komisi yang membidangi masalah pemerintahan ini menggelar rapat kerja (Raker) bersama lintas instansi.
Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Winancy Ndobe mengatakan, selain organisasi perangkat daerah (OPD), pada raker itu juga mengundang sejumlah instansi swasta. Diantaranya, BPJS, Kantor Imigrasi dan BPS Kabupaten Banggai. Sementara untuk instansi pemerintah, Komisi 1 menghadirkan Disnakertrans, Dinas Kependudukan dan Capil, BPMPD serta Asisten I Setda Kabupaten Banggai.
Ketua Fraksi Partai Gerindra inipun menjelaskan, saat ini sudah begitu banyak tenaga kerja asing serta warga negara asing yang masuk di Kabupaten Banggai. Komisinya ingin mengetahui dari instansi berkompoten, berapa jumlah tenaga asing sekaligus apa kapasitas mereka bertandang di daerah ini. Dalam raker juga akan ditanya tentang status kependudukan. Karena terdapat perbedaan data antara Dinas Kependudukan dan Capil dengan BPS.
Anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Irwanto Kulap menambahkan, data ril kependudukan sangat dibutuhkan. Salah satunya berimplikasi terhadap pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) 2019. Tidak menutup kemungkinan, kedepan DPRD Banggai bisa bertambah dari 35 kursi menjadi 40 kursi. Perubahan itu didasarkan pada penambahan jumlah penduduknya. “Kami ingin mengetahui berapa persentase pertambahan penduduk dalam kurun waktu 10 tahun terakhir,” ujar politisi Golkar ini.
Winancy kembali berujar, peraturan daerah (Perda) tentang aparatur pemerintahan desa belum disahkan. Akan tetapi sejumlah kepala desa (Kades) telah memberhentikan sekaligus mengangkat aparatnya. Berdasarkan ketentuan, kebijakan itu belum dapat dilakukan Kades, sepanjang belum ada Perda dan Perbup. “Ini kaitannya sehingga kami juga mengundang BPMPD pada raker,” ucap Winancy. (yan)

About uman