Home » Berita Utama » Bukan Orang Dekat, tapi Mendekatkan Diri
Bukan Orang Dekat, tapi Mendekatkan Diri
Onesimus Djaka

Bukan Orang Dekat, tapi Mendekatkan Diri

“Banyak tipikal orang seperti itu di rujab. Mereka yang aktif melakukan pendekatan kepada pak Herwin,” petikan Onesimus.

LUWUK—Status Ongki Rompas di rumah jabatan (rujab) Bupati Banggai terus diklarifikasi. Selain dari fungsionaris PDIP, klarifikasi kembali disampaikan Bagian Humas Setda Kabupaten Banggai.
Unsur Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Banggai, Onesimus Djaka yang ditemui di kantor DPRD Banggai, Selasa (7/2) mengatakan, Ongki bukanlah orang dekat Bupati Herwin Yatim. Tapi Dia yang mendekatkan diri. Sehingga publik melihat bahwa Ongki punya kedekatan dengan Herwin.  “Banyak tipikal orang seperti itu di rujab. Mereka yang aktif melakukan pendekatan kepada pak Herwin,” kata Onesimus. Sementara di lain sisi lanjut dia, Herwin adalah pejabat publik yang bersimpatik kepada semua orang, termasuk pada Ongki.
“Sejak mobil terrano yang dikendarai Ongki jatuh di Desa Boloak Kecamatan Balantak, sejak itu pak Herwin tidak lagi respek dengannya. Hanya saja Dia sering datang ke rujab, sehingga mustahil pak Herwin mengusirnya,” ujar Onesimus.
Staf ahli Fraksi PDIP DPRD Banggai ini menambahkan, sebagai mantan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Banggai, Herwin tetap konsisten memerangi bahaya narkoba. Sehingga sangat riskan kata Onesimus jika kasus sabu yang melilit Ongko harus dikaitkan dengan lingkungan Rujab Bupati serta Herwin itu sendiri. Dia juga sepakat dengan statemen Ketua DPC Partai Demokrat Banggai, Evert Kuganda bahwa kasus Ongki bukanlah kejadian luar biasa (KLB) yang harus dibesar-besarkan.
Sebagai manusia biasa, tentu saja Herwin kata Onesimus tidak bisa memantau langsung siapa saja yang sering ada di Rujab steril dari bahaya laten itu. Hanya saja ada oknum yang tidak mampu menjaga kepercayaan itu. Olehnya saran dia, kasus Ongki menjadi pelajaran berharga, agar kedepan Herwin lebih selektif terhadap oknum yang melakukan pendekatan diri. “Jangan sampai ada orang munafik yang justru menjatuhkan kredibilitas Herwin sebagai bupati,” kata Onesimus.
Kabag Humas Setda Kabupaten Banggai, Soffian Datu Adam mengatakan, saat suksesi politik lalu, Ongki memang dekat dengan Herwin. Namun setelah dilantik menjadi Bupati Banggai, tidak terlihat lagi kedekatan itu. Kalau memang benar Ongki adalah ajudan Bupati, mestinya yang bersangkutan aktif setiap hari. Tapi kenyataannya tidak demikian. Soffian juga meminta kepada media untuk tetap mengedepankan konfirmasi. Sehingga tidak menjadi isu liar di tengah publik. Termasuk status Ongki Rompas. (yan)

About uman