Home » Politik » Tim Peneliti Potensi PAD akan Dibentuk
Tim Peneliti Potensi PAD akan Dibentuk
Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang berdiskusi bersama dua perwakilan Universitas Tompotika dan Universitas Muhammadiyah Luwuk, di ruang kerjanya, Kamis (2/2).

Tim Peneliti Potensi PAD akan Dibentuk

LUWUK— Tim peneliti potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Banggai segera dibentuk. Tim akademisi itu berasal dari dua perguruan tinggi yakni Universitas Tompotika (Untika) dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk.
“Silakan ajukan proposal pembentukan tim. Nanti kita dorong anggarannya pada APBD-Perubahan 2017,” kata Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang, Kamis (2/2). Sinyal ini lahir dari diskusi dua perwakilan kampus bersama Samsulbahri Mang didampingi Wakil Ketua DPRD Banggai I Putu Gumi dan anggota Komisi 2 Ibrahim Darise, yang dipusatkan di ruang kerja Ketua DPRD Banggai.
“Harus ada konsep brilian dari perguruan tinggi lokal, demi pengembangan daerah ini kedepan,” kata politisi yang biasa disapa Bali Mang itu. saran Bali Mang agar tim tersebut fokus awal pada penelitian PAD, langsung diamini. “Fokus pada PAD, selanjutnya pengembangan SDM. Keduanya harus berbarengan,” kata Bali Mang.
Ibrahim Darise mengaku malas bicara tentang peningkatan PAD. Sebab para organisasi perangkat daerah (OPD) tidak serius dalam menggenjotnya, dengan berbagai dalih. Dengan dibentuknya tim dari kalangan akademisi ini sekaligus membuahkan hasil penelitiannya, maka OPD tak bisa lagi berkelit.
Ketua DPD PAN Banggai ini menambahkan, durian nambo itu sangat berkualitas. Tapi belum mampu menopang tingkat kesejahteraan petaninya. Begitu pula dengan petani kelapa dalam. Mereka kesulitan untuk menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi. Tentu saja ada yang salah dalam pengelolaannya. Semisal perlunya diganti bibit, sehingga buah yang dihasilkan lebih berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Pada diskusi yang turut dihadiri Sekwan Banggai, Machsun Djaga juga disentil banyaknya kebocoran PAD pada sejumlah OPD dilingkup Pemda Banggai. (yan)

About uman