Home » Politik » Suharto yang Ingin, Supadiyasa yang Didorong
Suharto yang Ingin, Supadiyasa yang Didorong
Badrin Nonsi

Suharto yang Ingin, Supadiyasa yang Didorong

LUWUK— Ruang Suharto Yinata untuk merebut Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Banggai semakin sempit. Pasalnya, Fraksi Demokrat-Hanura malah melegitimasi I Wayan Supadiyasa untuk menduduki jabatan ketua pada alat kelengkapan dewan (AKD) tersebut.
Hal ini bukan sekedar wacana. Sebab Badrin Nonsi sebagai anggota fraksi yang dihuni empat legislator itu sudah lebih awal menyatakan sikap tersebut. “Kemungkinan Supadiyasa yang akan kami dorong sebagai calon Ketua BK,” kata Badrin yang ditemui di ruang Komisi 2 DPRD Banggai, Kamis (2/2).
Bagaimana dengan Suharto yang lebih awal menyatakan sikap masuk dalam bursa calon Ketua BK? Badrin kembali berujar, kalau memang Suharto ngotot dengan keinginannya itu, silakan berkonsultasi dengan Supadiyasa sebagai ketua partainya.
Badrin menjelaskan, Demokrat-Hanura bukanlah fraksi utuh, sehingga perlu membangun lobi-lobi dengan fraksi lain jelang penempatan AKD yang rencananya dilaksanakan bulan ini. Kalaupun hanya sekedar mengusulkan, kata Badrin tidak ada masalah. Tapi apakah fraksi lain bisa meresponnya.
Sangat beda lanjut Badrin saat pendistribusian AKD lalu. Karena saat itu belum mengetahui hitam atau putih karakter aleg. Sehingga semuanya memiliki peluang yang sama dalam menduduki unsur pimpinan AKD.
I Wayan Supadiyasa belum mau berkomentar panjang soal dinamika diinternal fraksi yang kini diketuai Evert Kuganda itu. Dia lebih cenderung bicara normatif. “Saya mau bicarakan dulu diinternal partai, selanjutnya baru kita bicarakan diinternal fraksi. Sabar dulu. Kan belum juga proses rotasinya. Semua anggota punya hak. Tapi semua kan ada proses dan mekanisme yang harus dilalui,” jawab Supadiyasa. (yan)

About uman