Home » Metro Luwuk » Polsek Musnahkan Lokasi Produksi Cap Tikus
Polsek Musnahkan Lokasi Produksi  Cap Tikus
Personil Polsek Lamala mengamankan ratusan liter miras jenis cap tikus, Kamis (2/2). Polisi juga membongkar tempat produksi cap tikus.

Polsek Musnahkan Lokasi Produksi Cap Tikus

LUWUK-Setelah ada laporan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtinmas) Desa Giwang Kecamatan Balantak Selatan Brigadir Wahyudi, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) bersama 7 personil polsek Kecamatan Balantak langsung bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP). “Dan kita berhasil mengamankan tempat produksi cap tikus yang terletak di Desa Talima A sekitar pukul 11.30 wita,” ungkap Kasubag Humas Polres Banggai AKP Wiratno Apit, Kamis (2/2).
TKP itu, berjarak sekitar lima kilometer dari perkampungan Desa Talima A. “Setelah berada di TKP, kami mendapati pabrik pembuatan cap tikus dan  mendapati drum penyulingan, pondok pembuat cap tikus miras saguer, sekitar 30 liter yang akan dimasak,” terangnya.
Setelah miras diamankan, pihak kepolisian langsung memusnakan pondok tersebut dengan cara dibakar. “Pemilik pondok pembuat cap tikus belum diketahui, karena pada saat di TKP, tidak ada satu warga pun yang mau mengaku sebagai pemilik pondok tersebut,” terang Wiratno.
Sementara itu, hal yang sama juga terjadi di Desa Ranga-ranga Kecamatan Lamala, Kapolsek Lamala AKP. Jonny Sumbung bersama tujuh personil  Polsek Lamala berhasil menemukan rumah warga yang dijadikan sebagai tempat penampungan cap tikus. “Saat mendatangi rumah yang diduga sebagai tempat penampungan, dan ditemukan barang bukti jenis cap tikus sejumlah kurang lebih 135 liter,” urainya.
Lalu, personil Polsek bersama Kepala Desa (Kades) Tompotika Makmur  mendatangi lokasi penyulingan dan menemukan cap tikus sebanyak 600 Liter. ” Barang bukti cap tikus  sebanyak 600 liter dimusnahkan serta tempat dan alat pembuatan cap tikus telah dibongkar dan disaksikan juga kades setempat,” jelasnya.
Sebagian cap tikus yang diamankan di rumah pelaku sebanyak 135  liter dijadikan barang bukti dibawa dan diamankan di Mapolsek Lamala.(tr-55)

About uman