Home » Berita Utama » Tahap Dua Syahrial dkk Tertunda
Tahap Dua Syahrial dkk Tertunda
AKP Egidio

Tahap Dua Syahrial dkk Tertunda

LUWUK-Rencana tahap dua (pelimpahan tersangka dan barang bukti) pada kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lahan DVOR/DME (Doppler VOR/ Distance measuring equipment) Bandara Syukuran Aminuddin Amir yang dijadwalkan, hari ini (23/1) tertunda. Padahal, berkas perkara dengan tiga tersangka itu telah dinyatakan lengkap (P21) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Banggai.
Dengan adanya pernyataan berkas sudah P21, sejatinya Polres Banggai sudah harus melakukan pelimpahan tersangka dan barang bukti. Namun, informasi yang berhembus pelimpahan itu kembali ditunda karena penahanan Sekkab Banggai, Syahrial Labelo masih ditangguhkan.
“Saya belum tahu, nanti siang (hari ini) saya kabarin. Saya mau koordinasi dulu,” kata Kasat Reskrim Polres Banggai, AKP Egidio F Alfamantar saat dikonfirmasi wartawan koran ini via telepon, Minggu (22/1).
Ditanya soal penahanan kembali Syahrial Labelo agar mempermudah tahap dua ke JPU, Egidio enggan berkomentar. Namun, Egidio memastikan, hingga saat ini Sekkab masih menjalankan aktivitasnya sebagai orang nomor tiga di pemerintahan Kabupaten Banggai. Sementara, dua tersangka lainnya, Isnaeni Larekeng dan Hasanudin Datu Adam masih mendekam di dalam sel tahanan Mapolres Banggai. “Sekkab belum ditahan lagi,” singkatnya.
Sebelumnya, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Banggai IBK Wiadnyana menyatakan, pihaknya masih menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan. “Kami tidak tahu kapan tahap dua-nya. Kalau lebih cepat kan lebih bagus agar segera disidang,” katanya, Jumat pekan kemarin.
Lambat dan cepat kasus ini kata dia, tergantung penyidik Satreskrim Polres Banggai. “Harusnya cepat dilimpahkan. Lagipula sejak 9 Januari lalu berkas perkaranya sudah dinyatakan P21,” tandas Wiadnyana.(awi)

About uman