Home » Berita Utama » Sofhian Diperiksa Lagi
Sofhian Diperiksa Lagi
Sofhian Mile

Sofhian Diperiksa Lagi

LUWUK-Hari ini (23/1), Jaksa penyidik Kejaksaan Negeri Banggai seksi Pidana Khusus (Pidsus) kembali menjadwalkan pemeriksaan kedua terhadap mantan Bupati Banggai Sofhian Mile terkait dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) dana penyertaan modal PT Banggai Sejahtera (BS).
Kepala Seksi (Kasi) Pidsus Kejaksaan Negeri Banggai, IBK Wiadnyana menyatakan, pemeriksaan Sofhian Mile yang kedua ini dilakukan karena penyidik masih memerlukan keterangan tambahan dari mantan orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu. “Senin depan (hari ini_red) Sofhian diperiksa lagi,” ungkapnya, Jumat pekan kemarin.
Pemeriksaan lanjutan dilakukan karena penyidik akan mensinkronkan keterangan Sofhian dengan keterangan saksi lainnya, baik yang merencanakan, menggunakan, dan menghabiskan dana penyertaan modal PT BS. “Keterangan saksi dengan saksi lainnya pasti saling berkaitan, makanya saksi diperiksa berulang ulang kali,” terangnya.
Sebelumnya, Sofhian Mile menjalani pemeriksaan pertama sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyertaan modal PT Banggai Sejahtera (BS) oleh penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Banggai pada Senin (16/1) lalu.
Sofhian diperiksa selama 5 jam di ruang Intel Kejaksaan Negeri Banggai dan dicecar 35 pertanyaan seputar dirinya masih menjabat sebagai Bupati Banggai yang notabenen-nya adalah pemilik saham PT BS.
Sofhian Mile diperiksa seputar cikal bakal dan alasan pembentukan PT BS, serta tujuan pembentukan. Penyidik juga menanyakan mekanisme pengajuan anggaran dan pembentukan peraturan daerah (perda).
Selain itu, pihaknya juga memeriksa Sofhian Mile tentang terkait dasar dan alasan pembentukan PT Banggai Karya Sejahtera (BKS). Bahkan, penggunaan uang hingga laporan pertanggung jawaban pun tak luput dari pertanyaan penyidik. “Apakah selama ini ada audit internal maupun eksternal dalam penggunaan dana, serta bentuk pengawasan dari saksi (Sofhian Mile, Red),” tuturnya.
Penyidik juga akan memeriksa saksi ahli di bidang hukum bisnis dan ahli administrasi negara. Namun identitas saksi ahli masih dirahasiakan. “Kami tinggal menunggu konfirmasi dari saksi ahli, kalau sudah siap kami langsung periksa. Untuk sementara, ada 20 saksi yang sudah diperiksa. Bulan Januari ini, kami akan terus melakukan pemeriksaan saksi saksi lainnya,” tutur Wiadnyana.(awi)

About uman