Home » Politik » Pemda Banggai Lokalkan Nama Fasilitas Umum
Pemda Banggai Lokalkan Nama Fasilitas Umum
Syaifuddin Muid

Pemda Banggai Lokalkan Nama Fasilitas Umum

LUWUK— Satu lagi konsep Pemda Banggai dalam rangka kearifan lokal. Ada rencana pemerintahan Herwin Yatim-Mustar Labolo merubah nama sejumlah fasilitas umum yang bernuansa lokal. Wacana ini dibenarkan mantan Staf Ahli Bupati Banggai Bidang Hukum dan Politik Syaifuddin Muid, Jumat (20/1). “Ini menjadi bagian dari program kearifan lokal pak Bupati,” kata Syaifuddin.
Apa saja fasilitas publik yang akan dirubah namanya? Pudin sapaan akrab Syaifuddin Muid ini menyebutkan, diantaranya Badan Rumah Sakit Umum (BRSU) Luwuk, lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara, Pelabuhan Rakyat dan Pelabuhan Tangkian beserta GOR Kilongan.
Untuk pengganti nama fasilitas umum itu lanjut Pudin, masyarakat diminta untuk dapat memberikan saran. Lewat masukkan tersebut, pemerintah akan menyeleksinya, mana yang paling ideal. Sebagai bahan pertimbangan, daftar nama pengganti fasilitas itu tidak lepas dari beberapa item yakni pahlawan lokal, para mantan pejabat birokrasi yang banyak berbuat jasa buat daerah ini hingga nama yang identik dengan bahasa lokal (Saluan dan Balantak). “Penamaan fasilitas umum yang identik dengan kearifan lokal, selama ini dianggap kecil, tapi punya makna yang besar,” kata dia.
Pudin yang juga Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai ini menginformasikan, pembangunan Luwuk Sport Center akan segera dilaksanakan tahun ini. Fasilitas yang menelan anggaran Rp4 miliar lebih ini masih menunggu lelang perencanaan yang selanjutnya lelang fisik. “Setelah tahapan itu barulah action,” kata dia. Tidak menutup kemungkinan fasilitas olahraga yang include didalamnya Sekretariat KONI itu juga akan dirubah nama yang identik dengan kearifan lokal. (yan)

About uman