Home » Berita Utama » PKB Rekomendasikan 10 Cawagub Sulteng
PKB Rekomendasikan 10 Cawagub Sulteng
Syafruddin Husain

PKB Rekomendasikan 10 Cawagub Sulteng

LUWUK—Sebagai salah satu partai politik pengusung Longki-Sudarto (Longki’s) pada pilkada Sulteng 2015, PKB tak ingin melewatkan begitu saja momentum penjaringan cagub. Sebanyak 10 nama yang direkomendasikan partai berbasis Nahdiyin ini sebagai pengganti almarhum Sudarto sebagai Wakil Gubernur Sulteng mendampingi Longki Djanggola hingga selesai periode.
Kesepuluh nama yang diusulkan itu adalah Hidayat Lamakarate, Husain Jalaluddin Lemba, Lutfi Lembah, Rusdi Mastura, Alimuddin Paada, Zaenal Daud, Aminullah BK, Oskar Paudi, Prof. Yamsir dan Rendi Lamadjido.
Kabar ini disampaikan Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, Syafruddin Husain di Kantor DPRD Banggai, Jumat (13/1). Kesepuluh tokoh itu lanjut Haji Udin, kini telah berada di meja DPP PKB, yang selanjutnya disetujui. “Penjaringannya menghasilan 10 nama. Dan daftarnya sudah berada di DPP,” kata Haji Udin.
Masih menurut aleg deprov dua periode ini, dari empat partai pengusung Longki’s, dua diantarnya tidak membuka penjaringan, yakni Partai Gerindra dan PBB. Sedang PAN membuka tahapan penjaringan. “Informasi yang saya dapat seperti itu bahwa dua partai tidak membuka penjaringan,” ujar Haji Udin.
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Banggai ini menjelaskan mekanisme penjaringan. Dimana setelah nama-nama cawagub Sulteng dihasilkan partai pengusung, selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola. Gubernur lalu merekomendasikan ke DPRD Sulteng untuk selanjutnya dilakukan pemilihan. “Saya kurang tahu apakah di meja Gubernur nama-nama itu masih akan disharing atau tidak. Yang jelas jika lebih dari dua nama maka akan dilakukan pemilihan lewat legislatif,” kata Haji Udin. Untuk pelantikan Wakil Gubernur Sulteng sambung Haji Udin terjadwalkan pada bulan Maret. “Belum jelas tanggalnya. Tapi jadwal pelantikan pada bulan Maret,” ujarnya.
Daftar usulan cawagub Sulteng versi PKB ini berbeda dengan tokoh-tokoh yang diajukan Kerukunan Keluarga Banggai Jakarta (KKB-JAYA). Tak satupun nama yang direkomendasikan PKB berada pada daftar usulan KKB-JAYA. Jika PKB lebih didominasi tokoh wilayah tengah dan barat Sulteng, tapi KKB-JAYA justru lebih cenderung mengakomodir refrsentase dari wakil timur. Mereka adalah Ma’mun Amir, Nurmawati Dewi Bantilan, Sofhian Mile, Lania Laosa, Faizal Mang, Adikanrio Dayanun, Arifin Lambaga dan Sukri Agama. (yan)

About uman