Home » Politik » Mustapa Bisa Menuntut Pencemaran Nama Baik
Mustapa Bisa Menuntut Pencemaran Nama Baik
Mustapa Tatuereng

Mustapa Bisa Menuntut Pencemaran Nama Baik

LUWUK— Pada rapat dengar pendapat (RDP) di kantor DPRD Banggai, Kamis (12/1) nama Mustapa Tatuereng kembali dicatut. Aleg PDIP asal dapil IV ini dituding terlibat dalam mutasi tenaga pendidik di Kecamatan Balantak yang kini berpolemik.
Sempat debat argumen antara perwakilan warga dengan anggota dewan, pada RDP yang dipimpin Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang tersebut. Warga meminta agar Badan Kehormatan (BK) menyikapi dugaan pelanggaran kode etik itu. “Ini harus diseriusi BK,” tutur warga.
Anggota DPRD Banggai, Irwanto Kulap mengatakan, aduan tersebut tak bisa ditelan mentah-mentah. BK berdasarkan tata tertib (tatib) bersifat pasif, yakni tidak mencari-cari persoalan. “BK menunggu laporan. Itu pun yang melapor selain unsur pimpinan dewan juga masyarakat secara tertulis. BK tidak bisa menindak lanjutinya apabila laporan itu bersifat lisan,” kata Irwanto.
Apabila lanjut Irwanto, warga tidak mampu membuktikkan aduan dugaan pelanggaran kode etik itu, maka bisa berkonsekwensi hukum. “Pak Mustapa Tatuereng bisa menuntut balik dengan tuduhan pencemaran nama baik,” kata Irwanto.
Dihadapan warga politisi Golkar ini kembali berpendapat, anggota dewan mempunyai hak imunitas. Dalam MD3 disebutkan bahwa anggota dewan tidak bisa dituntut atas pernyataan atau pendapat yang dikeluarkannya di dalam rapat maupun diluar rapat secara lisan atau tertulis, sepanjang tidak bertentangan dengan tatib dan kode etik. Tapi sambung Irwanto, hak imunitas aleg itu bisa dicabut apabila terlibat korupsi dan narkoba. (yan)

About uman