Home » Metro Luwuk » Berikan Pemahaman Kebangsaan kepada Rakyat
Berikan Pemahaman Kebangsaan kepada Rakyat
Kasrem 132 Tadulako Letnan Kolonel Inf Andrian Susanto saat memberikan materi pada apel Dandim dan Danramil di Makorem 132 Tadulako Palu, Kamis (12/1) .

Berikan Pemahaman Kebangsaan kepada Rakyat

LUWUK-Kasrem 132 Tadulako Letnan Kolonel Inf Andrian Susanto menyatakan, Dandim dan Danramil harus mengintensifkan program komunikasi sosial kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayahnya, dengan memberikan pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air agar masyarakat dapat terbentengi dari upaya-upaya pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
“Dalam situasi seperti ini, peran TNI dan aparat teritorialnya termasuk Korem 132 Tadulako sangat dibutuhkan, mengingat hanya TNI yang dapat diharapkan sebagai jembatan komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat,” kata Kasrem saat memberikan sambutan pada apel Dandim dan Danramil di Makorem 132 Tadulako Palu, Kamis (13/1).
Kata dia, setiap tahun dinamika tugas yang akan dihadapi oleh seluruh TNI AD yang semakin berat seiring dengan dinamika perkembangan situasi nasional khususnya wilayah Korem 132 Tadulako. Sebagai Satuan kewilayahan, Korem 132 Tadulako bertugas membantu Pemda dan Polri dalam melaksanakan program pembangunan daerah serta menjaga stabilitas keamanan wilayah dan masyarakat.
“Perkembangan situasi nasional yang ada saat ini, secara tidak langsung akan membawa dampak ke seluruh daerah termasuk Sulawesi Tengah. Sehingga, perlu diantisipasi secara dini dengan lebih meningkatkan program pembinaan teritorial kepada masyarakat,” tuturnya.
Kasrem menjelaskan, apel Dandim dan Danramil bertujuan untuk mengevaluasi hasil kerja tahun 2016 dan menyamakan persepsi seluruh prajurit jajaran Korem 132 Tadulako tentang kebijakan-kebijakan pimpinan TNI AD dalam melaksanakan tugas kedepan di tahun 2017,  khususnya di bidang pembinaan teritorial sebagai fungsi utama dalam mendukung program Pemerintah Pusat.
Program kerjasama antara TNI AD dengan beberapa Kementerian guna mendukung Nawacita Presiden Jokowi untuk mensejahterakan rakyat, utamanya target swasembada pangan. Sebab, tugas ini harus dilaksanakan dengan perencanaan yang baik agar target yang diharapkan dapat terpenuhi. “Semua ini dapat terwujud apabila Babinsa dapat memerankan fungsinya dengan baik sebagai garda terdepan dalam pembinaan teritorial. Seluruh Apkowil dan Satkowil harus mampu bersinergi dengan Pemda, Polri dan komponen bangsa lainnya agar tercipta suatu pola kerja yang saling mendukung demi kesejahteraan, kemakmuran dan keamanan masyarakat,” jelas Kasrem.(awi)

About uman