Home » Politik » Tanpa Sekkab, Administrasi Pemerintahan jadi Lumpuh
Tanpa Sekkab, Administrasi Pemerintahan jadi Lumpuh
Evert Kuganda

Tanpa Sekkab, Administrasi Pemerintahan jadi Lumpuh

LUWUK— Permohonan penangguhan penahanan Sekkab Banggai, Syahrial Labelo yang diajukkan Bupati Herwin Yatim serta wakilnya Mustar Labolo dan dikabulkan Polres Banggai, dinilai langkah tepat. Karena tanpa keberadaan Sekkab maka administrasi pemerintahan menjadi lumpuh. Respons atas sikap Herwin-Mustar (Winstar) sebagai penjamin itu disampaikan sejumlah anggota DPRD Banggai yang dimintai tanggapan, Selasa (27/12).
Ketua Fraksi Demokrat-Hanura DPRD Banggai, Evert Kuganda mengatakan, baik Bupati maupun Wakil Bupati sangat memahami proses hukum yang sedang berjalan, sehingga tidak melakukan interpensi. Namun dilain sisi perlu juga menghormati azas praduga tak bersalah.
Adalah tepat sambung Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai ini, permohonan penangguhan penahanan terhadap Syahrial yang terlilit kasus DVOR tersebut. Sebab pada penghujung tahun anggaran 2016 ini banyak tugas administrasi daerah yang harus diselesaikan Syahrial sebagai Sekkab.
“Selaku partai pengusung kami tentunya sangat mengaprisiasi apa yang dilakukan pak Bupati dan Wakil Bupati. Dan sikap itu bijak serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Banggai,” kata Evert.
Hal senada juga disampaikan Sekretaris Komisi 2 DPRD Banggai, Irpadin B. Oneng. Kata politisi Golkar ini, pemerintahan akan berjalan lumpuh, ketika tanpa kehadiran Sekkab. Terlebih lagi pada akhir tahun, pekerjaan buat panglima ASN itu begitu banyak. Respon juga dikemukakan Sekretaris Komisi 1 DPRD Banggai, Bachtiar Pasman. “Apa yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pemimpin, mengingat akan mengganggu kelancaran roda pemerintahan,” nilai Bachtiar.
Aleg PKB ini tak sependapat dengan argumen bahwa penangguhan penahanan itu dianggap melindungi pejabat yang terindikasi melakukan pelanggaran pidana. “Bukan melindungi, melainkan ingin menyelematkan roda pemerintahan agar berjalan dengan lancar,” kata dia. (yan)

About uman