Home » Politik » Ortu SDN Bohotokong Tolak Kepsek Baru
Ortu SDN Bohotokong Tolak Kepsek Baru
Tasrik Djibran

Ortu SDN Bohotokong Tolak Kepsek Baru

LUWUK— Mutasi kepala sekolah (Kepsek) masih saja bergejolak. Para orang tua (Ortu) SDN Bohotokong menolak Kepsek baru. Sebanyak 106 wali murid membubuhi tanda-tangan penolakan terhadap Muchtar sebagai pejabat Kepsek yang baru tersebut.
“Tadi saya baru menerima surat pernyataan sikap warga Bohotokong itu,” kata anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Irwanto Kulap yang ditemui, Selasa (27/12).
Aksi itu tak main-main. Menurut Komite Sekolah, Hakim Lamasinai kata Irwanto, ketika Abdul Hafid sebagai Kepsek lama harus meninggalkan sekolah tersebut, maka SDN Bohotokong akan diduduki warga. Bahkan aksi gerakan pindah sekolah juga menjadi bagian warning dari para orang tua siswa.
Mendasari surat Komite Sekolah yang ditujukkan kepada Bupati Banggai dengan tembusan Ketua DPRD Banggai tersebut, Abdul Hafid dinilai belum lama menjabat Kepala SDN Bohotokong. Dalam surat itu tertuang 3 tahun. Alasan lain, selama menjabat Kepsek, Abdul Hafid dianggap punya prestasi serta punya kedekatan dengan warga setempat.
Irwanto berujar, ketika rapat dengar pendapat (RDP) terkait mutasi Kepsek yang sebelumnya diskorsing segera diagendakan, maka apsipirasi warga Bohotokong ini akan diakomodir. “Saya akan dorong keluh kesah ini pada RDP lanjutan yang melibatkan lintas komisi DPRD Banggai mendatang,” kata aleg Partai Golkar ini.
Dikonfirmasi, Plt Kadisdikbud Kabupaten Banggai, Tasrik Djibran mengatakan, secara administrasi, mutasi Kepala SDN Bohotokong dari pejabat lama Abdul Hafid kepada pejabat baru Muchtar adalah sah. Dan sebagai bawahan Bupati yang telah mengeluarkan SK tersebut kata Tasrik siap mengamankan kebijakan tersebut.
Akan tetapi, ketika SK itu melahirkan riak warga, baginya sudah sangat politis. Meski begitu Tasrik tak mengabaikan aspirasi tersebut. Ia berjanji akan meminta petunjuk kepada Bupati Banggai atas penolakan Kepala SDN Bohotokong. “Saya akan minta petunjuk pak Bupati,” kata Tasrik. (yan)

About uman