Home » Berita Utama » Berkas Perkara Kembali Dilimpahkan
Berkas Perkara Kembali Dilimpahkan
Kanit III Satreskrim Polres Banggai Ipda Ridwan Awumbas saat menunjukan berkas perkara sebelum dilimpahkan ke JPU Kajari Banggai, Selasa (27/12).

Berkas Perkara Kembali Dilimpahkan

LUWUK– Satuan reserse kriminal (Satreskrim) Polres Banggai kembali melimpahkan berkas perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengadaan lahan pembangunan fasilitas vavigasi penerbangan pesawat (DVOR/DME) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Banggai, Selasa (27/12) sekira pukul 16.00 Wita. Ini pelimpahan berkas perkara kasus DVOR/DME yang kelima, setelah penyidik mengantongi keterangan majelis kehormatan notaris.
Pelimpahan berkas kasus yang menjerat Sekkab Syahrial Labelo, Kadis Parawisata Isnaeni Larekeng, dan Hasanudin Datu Adam sebagai tersangka itu, setelah penyidik Satreskrim Polres Banggai memenuhi petunjuk dari JPU.  “Berkas perkara diserahkan langsung Kanit III Satreskrim Ipda Ridwan Awumbas, dan diterima oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kajari Banggai, I Ketut Bagus Wiadnyana, di ruang kerjanya,” ungkap Kasubag Humas Polres Banggai AKP Wiratno Apit via rilis pers.
Dikatakan, berkas perkara yang merugikan keuangan daerah Rp973 juta ini diharapkan dinyatakan lengkap (P21) oleh JPU agar penyidik bisa menyerahkan tersangka dan barang bukti. “Kemungkinan besar dalam waktu dekat ini, berkas yang masih dalam penelitian JPU Kejari Banggai bakal dinyatakan lengkap,” katanya.
Ia menambahkan, tiga tersangka yang sudah ditetapkan penyidik itu, awalnya sudah dilakukan penahanan. Namun, Isnaeni Larekeng dijinkan berobat. Sementara Syahrial Labelo, permohonan penangguhan dikabulkan, dengan pertimbangan tugas dan tanggung jawab tersangka sebagai Sekkab Banggai masih banyak. Terutama menjelang akhir tahun anggaran. “Bupati Banggai juga masih membutuhkan kehadiran Sakkab sebagai penanggung jawab administrasi dan keuangan daerah. Sehingga permohonan penangguhan dikabulkan,” beber Wiratno seraya menyatakan, untuk tersangka Hasanudin Datu Adam, masih tetap mendekam di sel tahanan Mapolres Banggai.(awi)

About uman