Home » Berita Utama » Bupati Dianugerahi Satyalancana Kebaktian Sosial, Wabup Terima JKN Award
Bupati Dianugerahi Satyalancana Kebaktian Sosial, Wabup Terima JKN Award
Kepala Divisi Regional X BPJS, I Made Puja Yasa foto bersama Wabup Banggai, Mustar Labolo, di Hotel Mercure, Palu, Selasa (20/12).

Bupati Dianugerahi Satyalancana Kebaktian Sosial, Wabup Terima JKN Award

LUWUK—Selain Bupati Banggai Herwin Yatim menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI Joko Widodo di kota Palangkaraya Selasa (20/12), pada hari yang sama Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo juga menerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award 2016.
JKN Award ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai mempunyai komitmen kuat dalam memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan serta berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warganya. Penghargaan itu diberikan di Mercure Hotel Palu, Selasa (20/12).
Kabupaten Banggai kata Mustar, mendapatkan penghargaan sebagai pemberi pelayanan terbaik ketiga pada rumah sakit pemerintah yang bekerjasama dengan BPJS dalam pelayanan kepada masyarakat.
Mustar tak berkecil hati, mengingat predikat juara atas JKN Award itu diberikan kepada kabupaten pemekaran Banggai, yakni Kabupaten Bangkep sedang juara kedua adalah Kota Palu. Bagi Mustar, ini menjadi motivasi agar kedepan lebih meningkatkan lagi pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan. “Jika perlu kedepan Kabupaten Banggai meraih predikat jawara,” ujar Mustar.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Dr. dr. Anang S Otoluwa memaparkan, JKN award didasarkan pada kriteria jumlah kepesertaan Jamkesda yang terintegrasi ke BPJS, ketaatan melakukan pembayaran, dan kepuasan pelanggan.  Pemda Banggai patut berbangga. Sebab, dari 13 kabupaten kota di Sulteng hanya tiga daerah yang menerima, yakni Kabupaten Banggai, Palu dan Kabupaten Banggai Kepulauan.
Penganugerahan JKN Award dilaksanakan pada acara Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama. Hadir pada kegiatan itu Sekda Provinsi Sulteng, Bupati dan Wabup se Provinsi Sulteng, Kepala Dinkes, Kepala Dinsos serta Direktur Rumah Sakit se Provinsi Sulawesi Tengah.
Sementara itu, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, mengucap syukur terpilihnya Bupati Banggai Herwin Yatim sebagai penerima Satyalancana Kebaktian Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo. “Alhamdulillah. Itu artinya Pemda Banggai mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat atas perjuangan dibidang peningkatan kesejahteraan sosial,” kata politisi yang biasa disapa Buya ini.
Reward tersebut juga memberi makna bahwa itu sebuah penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai, lewat Bupati sebagai kepala daerah. “Tapi konsekwensinya kita harus meningkatkan pelayanan bidang kesejahteraan sosial secara terus menerus,” anjur Buya.
Wabup juga menginformasikan, Senin (19/12) bertempat di kantor BPK RI Perwakilan Sulteng bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), telah mendengarkan ekspos hasil pemeriksaan BPK RI tentang pelaksanaan APBD Banggai tahun 2016 sekaligus memberikan klarifikasi atas beberapa temuan dan pernyataan PPTK. Yang jelas tekan Buya, semua yang menjadi catatan perbaikan Kabupaten Banggai menerimanya. Sedang temuan yang kelebihan pembayaran atau kemahalan harga barang harus dikembalikan.
Masih kata Wabup, Pemda Banggai mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan RI dengan mendapatkan penilaian WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2015 yang diserahkan Gubernur Sulteng. “Hal ini harus menjadi penyemangat agar kita terus bekerja dengan baik dan benar dalam hal pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada tahun-tahun mendatang,” katanya. (ris/yan)

About uman