Home » Berita Utama » Sertijab Kades Diwarnai Pengunduran Aparat Desa
Sertijab Kades Diwarnai Pengunduran Aparat Desa
Pjs Kades Louk, Fatmawati Wetang menyerahkan jabatan kepada Kepala Desa devinitif, Marwati Hi Harun lewat penanda tanganan berita acara sertijab kepala desa Louk di BPU, Rabu (14/12).

Sertijab Kades Diwarnai Pengunduran Aparat Desa

LUWUK TIMUR— Serah terima (sertijab) kepala desa Louk Kecamatan Luwuk Timur dari Penjabat sementara (Pjs) kepala desa, Fatmawati Wetang kepada kepala desa terlantik, Marwati Hi Harun dilaksanakan, Rabu (14/12). Hanya saja kegiatan yang dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa Louk itu diwarnai insiden pengunduran diri para aparat desa setempat.
Sikap tersebut disampaikan lewat surat pernyataan pengunduran diri dibacakan perwakilan aparat desa. Para aparat desa yang ‘angkat koper’ itu adalah Kepala urusan (Kaur) Umum Baharuddin Hi Mansur, Kaur Pemerintahan Yunus Pagu, Kaur Pembangunan Muhiru Lapando, Kaur Kesejahteraan Imran Lamau, serta ditambah oleh 3 kepala dusun dan 1 pengurus LPMD desa yakni, Marwan Anahan Kadus I, Rizal Intadja Kadus II dan Bidin Mealo Kadus III serta Muhidin Anahan Ketua LPMD desa Louk.
Pengunduran diri oleh seluruh aparat desa disaksikan oleh masyarakat desa beserta pihak Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Louk. Usai pembacaan surat, berkas pengunduran langsung diserahkan kepada kepala desa Louk, Marwati Hi Harun.
Penyerahan jabatan dari Pjs Kades kepada Kades devinitif ini merupakan rangkaian kegiatan atas terlantiknya Marwati Hi Harun sebagai kepala desa pada 8 Desember lalu untuk menggantikan Rino Lamau yang telah memimpin selama 1 periode (2009-2016). Rino merupakan calon kades petahana yang kalah dalam pertarungan 14 November.
Pada kesempatan itu, Pjs Kades Louk, Fatmawati Wetang mengatakan, selama 9 bulan melaksanakan tugas sebagai Penjabat Kades tentu banyak hal yang masih dianggap kurang. Sehingga melalui moment ini ia meminta maaf atas kekurangan selama melaksanakan tugas. Ia pun berpesan kepada kepala desa yang terlantik agar dalam menjalankan roda pemerintahan mengedepankan kepentingan masyarakat berdasarkan visi misi yang telah disampaikan sebelumnya.
Belum lagi, adanya janji-janji yang pernah disuarakan saat kampanye, harus ditepati, agar tidak menjadi batu sandungan bagi kepala desa dalam menjalankan tugasnya nanti.
Kepala desa Louk, Marwati Hi Harun mengajak kepada seluruh masyarakat desa untuk tetap bergandengan tangan tanpa ada perbedaan lagi. “Segala perselisihan yang pernah terjadi dalam desa perlu ditinggalkan pada saat ini juga, dan masyarakat diharapkan dapat memberikan saran dan kritikan demi terwujudnya pemerintahan yang lebih baik,” ujarnya.
Marwati tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada mantan kades Louk, Rino Lamau atas kerja kerasnya yang telah membawah desa louk selama satu periode kemarin dengan berbagai program desa yang bermanfaat. “Mari kita bergandengan tangan untuk memajukan desa Louk kedepan,” tandasnya.
Ketua BPD Louk, Jumardin Sappe menyarankan agar Kades terpilih dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Karena selama 9 bulan dibawah kepemimpinan Penjabat Kades, keadaan desa Louk terus aman dan kondusif.
Sayangnya belum ada komentar Kades Louk yang baru dilantik  atas pengunduran diri semua aparat desanya tersebut. (ir)

About uman