Home » Banggai Laut » Kesbangpol Catat 29 Ormas
Kesbangpol Catat 29 Ormas
Kepala Kantor Kesbangpol Balut, Rasis Abdullah membuka sosialisasi Ormas di ruang rapat kantornya, Selasa (13/12).

Kesbangpol Catat 29 Ormas

BANGGAI – Menjamurnya berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) dengan berbagai bentuk dan konsep pergerakan, dapat menjadi modal sekaligus tantangan keberlangsungan kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya di suatu daerah.
Khusus kabupaten Banggai Laut,  tercatat setidaknya ada 29 Ormas yang sudah terdaftar di kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.
“Ini belum dihitung yang bersifat resmi bentukan pemerintah atau yang berafiliasi langsung dengan partai politik,” ujar kepala kantor Kesbangpol Balut, Rasis Abdullah, Selasa (13/12).
Itu diungkapnya saat buka Sosialisasi UU nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas dan Permendagri nomor 33 tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Ormas di ruang rapat kantor Kesbangpol.
Rasis mengatakan bersyukur dengan banyaknya Ormas. Sebab dengan demikian lanjut dia, Kesbangpol punya banyak mitra potensial bersama memelihara iklim sosial politik yang aman dan kondusif. “Tugas Kesbang adalah membantu Bupati dalam fungsi stabilitas keamanan dan politik. Dengan adanya Ormas berarti kita punya mitra yang potensial, sebab tugas ini adalah tanggungjawab bersama,” paparnya.
Disamping sebagai modal positif, mantan Camat Bangkurung ini mengakui bahwa keberadaan organisasi yang tidak jelas visi dan landasan geraknya juga dapat menjadi ancaman stabilitas.
Terpisah, Kepala Seksi Pembinaan Ideologi dan Politik Kesbangpol Balut, Rukmiati Hasan berharap dengan digelarnya sosialisasi ini, pengurus organisasi bisa lebih memahami tugas kelembagaannya terkait posisi Kesbangpol selaku liding sektornya. “Makanya penting sekali setiap organisasi didaftarkan ke Kesbangpol,” tegasnya. (Sbt)

About uman