Home » Politik » Tak ada Penggalangan Dana untuk Sultim
Tak ada Penggalangan Dana untuk Sultim
Untuk menghindari penyimpangan penggunaan anggaran, TPMSB menegaskan tidak ada penggalangan dana untuk perjuangan Provinsi Sultim. Pertemuan membahas Sultim di kantor DPRD Banggai, beberapa waktu lalu.

Tak ada Penggalangan Dana untuk Sultim

LUWUK— Tim Pergerakkan Masyarakat Sultim Bersatu (TPMSB) menegaskan tidak ada penggalangan dana untuk perjuangan pembentukan Provinsi Sultim. Imbauan ini disampaikan agar tidak terulang kembali penggunaan dana Sultim yang tidak jelas peruntukkannya.
Juru bicara (jubir) TPMSB, Aswan Ali Selasa (13/12) mengatakan, masyarakat dan pemerintah daerah enam kabupaten dalam cakupan wilayah calon daerah otonom baru (DOB) Sultim, agar tidak melayani atau memberikan bantuan sumbangan berupa dana kepada pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan kepentingan perjuangan Sultim.
Hal ini lanjut Aswan, untuk menghindari terjadinya manipulasi dan penyalahgunaan sumbangan oleh pihak-pihak yang tidak berkompoten. Sebab tekan Aswan, organisasi yang memiliki legalitas formal dan diakui oleh Pemprov Sulteng dan Kemendagri serta DPD RI dan DPR RI adalah TPMSB.
Perlu diketahui kata Aswan lagi, bantuan sumbangan masyarakat dan Pemda diawal perjuangan Sultim yang mencapai puluhan miliar rupiah, sampai dengan sekarang belum diaudit dan dipertanggung jawabkan. Olehnya agar fenomena itu tidak terulang kembali dan hanya akan memperburuk nama baik dari citra perjuangan Sultim, maka diminta agar masyarakat dan Pemda berkoordinasi dengan TPMSB terkait urusan mengenai Sultim.
Apakah ada indikasi kelompok tertentu memanfaatkan momentum untuk meraup keuntungan? Aswan menjawab iya. Disinyalir saat ini setelah perjuangan Sultim mendapat persetujuan Pemprov Sulteng dan dokumen persyaratannya dinyatakan sudah lengkap diterima Kemendagri, DPD RI dan DPR RI, lalu muncul kelompok baru yang meminta-minta dana dengan mengatasnamakan untuk kepentingan perjuangan Sultim.
Padahal kelompok status quo yang lalu saja hingga kini belum mempertanggung jawabkan penggunaan bantuan dana Pemda yang tidak sedikit nominalnya. Olehnya itu TPMSB mengingatkan kembali kepada masyarakat dan Pemkab setempat agar berhati-hati ketika dimintakan bantuan oleh kelompok yang mencatut perjuangan Sultim. (yan)

About uman