Home » Politik » Pilkades Gelombang Kedua belum Terjadwal
Pilkades Gelombang Kedua belum Terjadwal
Pilkades serentak gelombang kedua berlum dijadwalkan. Situasi sidang P2H Pilkades di kantor BPMPD Kabupaten Banggai, beberapa waktu lalu.

Pilkades Gelombang Kedua belum Terjadwal

LUWUK— BPMPD Kabupaten Banggai belum menjadwalkan pelaksanaan pilkades serentak gelombang kedua. Hanya saja instansi teknis ini sudah dapat memastikan pesta demokrasi ditingkat desa itu akan dihelat tahun 2017.
Kepala Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan BPMPD Kabupaten Banggai, Andi Nursyamsi yang dihubungi Selasa (13/12) mengatakan, pihaknya masih akan menyusun jadwal pelaksanaan pilkades gelombang kedua, dengan melihat komposisi berakhirnya akhir masa jabatan (AMJ) para kepala desa. “Yang pasti gaweannya tahun depan. Untuk tanggal dan bulannya masih akan dirumuskan,” kata Andi Nursyamsi.
Selain AMJ para kades, BPMPD juga masih akan menyusun berapa besaran pagu anggaran pada BPKAD Kabupaten Banggai. “Tentu saja anggarannya juga akan dirumuskan,” sambung dia.
Meski tak menyebut angka pasti, namun Kabid Pemdes/Kelurahan mengestimasi bahwa untuk desa yang ikut pilkades gelombang kedua sebanyak 30-an. “Estimasi kami pada angka 30-an,” ujarnya.
BPMPD Kabupaten Banggai sambung Andi Nursyamsi tidak ingin menutup mata, terkait cukup kencangnya dinamika pilkades serentak gelombang pertama tanggal 14 November lalu. Instansi yang kini dipimpin Yusuf Bidin tersebut akan melakukan evaluasi terhadap aturan yang dinilai masih memiliki celah sehingga terjadi polemik. “Prinsip kami pilkades gelombang kedua jauh lebih baik dari gelombang pertama. Caranya ketentuan dalam regulasi yang dianggap punya celah, harus direvisi,” ujar Andi Nursyamsi. (yan)

About uman