Home » Berita Utama » Kades itu Hakim di Desa
Kades itu Hakim di Desa
Ahmad Yani

Kades itu Hakim di Desa

LUWUK-Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Luwuk, Ahmad Yani menyatakan, kepala desa (Kades) harus menjadi ujung tombak dalam penegakan hukum di wilayahnya, terlebih khusus kasus perdata. Sebab, yang mengetahui kondisi di wilayah tersebut adalah kades, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat. Dengan begitu, persoalan di desa dapat diselesaikan secara kekeluargaan.
“Kearifan lokal ini harus diangkat lagi, karena jika setiap masalah perdata dibawa ke pengadilan, maka akan diputuskan sesuai hukum. Sehingga pastinya ada yang menang dan kalah,” katanya, Jumat pekan kemarin (9/12).
Pengganti Nanang Zulkarnaen Faisal ini menegaskan, kalaupun permasalahan sudah diselesaikan di tingkat desa. Tapi masyarakat tidak puas dan didorong ke pengadilan, maka hakim wajib melihat, meneliti dan menelaah putusan yang sudah dikeluarkan di tingkat desa. “Putusan di desa akan menjadi acuan dalam pemeriksaan. Kalau sudah diselesaikan di tingkat desa, kenapa mau dibawa lagi ke pengadilan,” terangnya.
Ahmad menambahkan, kejujuran di desa masih lebih baik. Masyarakat desa juga paham tentang hukum adat, serta silsilah yang berkaitan dengan asal-usul tanah yang diketahui secara pasti. “Sehingga putusan di tingkat desa itu adalah acuan dari putusan pengadilan. Jadi, kades itu adalah hakim di tingkat desa,” tandas mantan KPN Toli-toli itu.(awi)

About uman