Home » Politik » Wabup dan Waket DPRD Jadi Jaminan

Wabup dan Waket DPRD Jadi Jaminan

LUWUK— Komitmen Pemda Banggai untuk menyelesaikan sengketa lahan di desa Bohotokong Kecamatan Bunta yang berbuntut pada penahanan Apet Madili sebagai petani di desa itu, dibuktikkan. Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo menjadi jaminan penangguhan penahanan warga oleh aparat kepolisian. Tak hanya Wabup, Wakil Ketua DPRD Banggai I Putu Gumi dan anggota DPRD Banggai Irwanto Kulap juga menandatangani kesepakatan serupa.
“Iya saya menjadi salah satu penjamin untuk ditangguhkannya penahanan petani di desa Bohotong tersebut,” kata Mustar yang dihubungi via ponsel, Rabu (7/12) sore kemarin.
Sebelumnya, pada rapat yang dilaksanakan di kantor DPRD Banggai, warga Bohotokong meminta agar rekannya dapat penangguhan penahanan. “Kami sudah menemui pak Bupati. Dan kami sudah sampaikan untuk meminta penangguhan penahanan terhadap Apet Madili. Pak Kapolres juga siap menerima penangguhan, apabila ada yang pihak yang menjamin,” kata tokoh masyarakat desa Bohotokong, Aminullah.
Saat rapat yang dipimpin I Putu Gumi, belum ada satupun yang siap memberi jaminan atas penangguhan penahanan tersebut. Kesepakatan itu muncul setelah menggelar rapat di kantor bupati Banggai. Dan Mustar Labolo salah satu yang siap memberi jaminan tersebut.
Dalam rapat di dewan Aminullah berujar, kasus Bohotokong panjang dan menyedihkan. Selama 30 tahun petani merasa diintimidasi. Beberapa kali pergantian anggota dewan, Kapolres hingga Bupati, tidak ada penyelesaian dari kasus itu. “Pada pemerintahan ini kami harap ada titik terangnya,” ujar Aminullah.
Apet Madili ditahan polisi, dengan tuduhan melakukan penyerobotan lahan HGU. Dan hal itu diklarifikasi Aminullah. Tanaman milik petani sudah ada sejak tahun 1980. Sementara HGU muncul tahun 1997. Ini yang membuat para petani menemui masalah, karena dianggap mengambil tanaman dan merusak pagar di kawasan HGU. Padahal itu adalah milik petani. Dihadapan lintas komisi, Aminullah membacakan putusan MA yang memenangkan petani serta surat BPN Provinsi Sulteng. (yan)

About uman