Home » Berita Utama » Kades di TMP, Kadis di TPA
Kades di TMP, Kadis di TPA
Mustar Labolo

Kades di TMP, Kadis di TPA

LUWUK—Win Star memang beda. Untuk ukuran pelantikan pejabat yang biasanya di gelar di aula atau halaman kantor Bupati, kini digelar di tempat yang tak lazim.
Informasi yang dihimpun, sebanyak 194 kepala desa (Kades) terpilih hasil pilkades serentak 14 November, Kamis (8/12) hari ini dilantik. Rencananya pelantikan yang akan dilakukan oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim itu dipusatkan di taman makam pahlawan (TMP) Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan.
“Pak bupati yang dilantik. Dan prosesi pelantikannya dimulai pukul 08.00 wita,” kata Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo Rabu (7/12). Pakaian putih yang akan dikenakan oleh para Kades terpilih, juga merupakan pakaian resmi juga bermakna religi. Menurut Mustar, filosofinya adalah jabatan tidak akan dibawa mati. Dengan demikian, manfaatkan jabatan itu untuk kepentingan masyarakat di desa.
Kabar bahwa para pejabat eselon rencananya akan dilantik di tempat pembuangan akhir sampah (TPA), juga langsung diamini Mustar. “Memang benar. Rencana pak Bupati melantik para Kepala Dinas (Kadis) di TPA. Dan saya mendukung rencana pak Bupati itu,” kata Mustar.
Baik Kades yang pelantikannya di TMP maupun Kadis di TPA filosofinya kata politisi Demokrat ini bahwa jabatan itu tidak perlu dikejar, apalagi dengan cara tak baik. Makna lain yang tidak kalah pentingnya lagi, dalam mengemban jabatan jangan berbangga berlebihan. Karena jabatan itu adalah amanah yang tak hanya dipertanggung jawabkan kepada atasan dan rakyat, tetapi juga kepada Allah SWT.  “Jangan gunakan jabatan untuk gagah-gagahan, apalagi dimanfaatkan untuk tipu-menipu. Tapi bekerja dengan sepenuh hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Buya sapaan akrab mantan aleg DPRD Sulteng tiga periode ini.
Baik pemimpin maupun yang dipimpin lanjut Mustar, harus saling mengisi. Artinya, jangan hanya rakyat yang menuntut pelayanan maksimal. Tetapi sebaliknya, rakyat juga harus mendukung apa yang menjadi program pemerintah. (yan)

About uman