Home » Metro Luwuk » Desak Penertiban Rental Ilegal
Desak Penertiban Rental Ilegal
Muh. Akbar Suong

Desak Penertiban Rental Ilegal

LUWUK-Kepala Perwakilan Travel Mitra Touna Luwuk, Muh. Akbar Suong, mendesak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banggai, menyikapi sejumlah agen travel yang beroperasi tanpa surat izin resmi.
“Kami meminta ketegasan pihak terkait, untuk menertibkan para agen trafel yang  terindikasi beroperasi tanpa izin resmi. ” kata Akbar, Senin (5/12) lalu.
Menurutnya, keberadaan agen travel ilegal itu sangat merugikan agen agen travel yang mempunyai izin operasional resmi. Bahkan, sejumlah agen travel ilegal itu disinyalir telah memainkan harga tiket angkutan hingga 50 persen dari harga yang ditetapkan sesuai aturan.
“Kalau trayek Luwuk-Palu harga tiketnya itu Rp 250 ribu. Tapi para agen travel yang disinyalir tanpa surat izin ini menurunkan harga tiket sampai dengan harga Rp 100 ribu. Dan itu sangat jelas merugikan agen travel resmi,” jelasnya.
Jika pihak terkait, dalam hal ini DPC Organda dan Dishub Kabupaten Banggai tidak melakukan tindakan tegas terhadap agen rental ilegal tersebut, pihaknya dan sejumlah agen rental resmi lainnya akan melakukan aksi demonstrasi.
“Kalau hal ini juga tidak diindahkan, kami sepakat untuk mogok membayar pajak travel. Karena jelas sekali bahwa rental ilegal diberikan kebebasan untuk beroperasi. Padahal, kita diikat oleh aturan,” tegas Akbar, yang juga salah satu mahasiswa Untika Luwuk itu.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadisdikbud) Kabupaten Banggai ketika dimintai konfirmasi di kantornya terkait persoalan tersebut tidak berada ditempa. “Kepala Dinas tidak ada,” ungkap salah seorang staf kantor Dishub. (and)

About uman