Home » Politik » Demo di Dewan, Aleg Arahkan ke BPMPD
Demo di Dewan, Aleg Arahkan ke BPMPD
Sekretaris Komisi 1 DPRD Banggai, Bachtiar Pasman memberi penjelasan kepada warga desa Hunduhon Kecamatan Luwuk Timur di kantor DPRD Banggai, Rabu (7/12).

Demo di Dewan, Aleg Arahkan ke BPMPD

LUWUK— Perwakilan masyarakat desa Hunduhon Kecamatan Luwuk Timur dan Tongkonunuk Kecamatan Pagimana yang mendatangi kantor DPRD Banggai Rabu (7/12), terpaksa pulang dengan tangan hampa. Tuntutan tentang pilkades yang dinilai tidak demokratis, tidak disikapi legislator. Para aleg pun mengarahkan para pendemo untuk mendatangi kantor BPMPD Kabupaten Banggai.
Bertempat di lobi kantor dewan, sejumlah warga Hunduhon menggelar orasi. Mereka meminta agar Kades terpilih Nasrun Bungalim tidak dilantik Kamis (8/12) hari ini. Alasan para pendemo yang bersangkutan menggunakan ijazah palsu.
Setelah beberapa menit berorasi, Sekretaris Komisi 1 DPRD Banggai, Bachtiar Pasman menemui warga. Dikatakannya, pilkades serentak 14 November yang include didalamnya desa Hunduhon telah berakhir pada putusan P2H. Kalaupun masih ada yang keberatan, sebaiknya mendatangi kantor BPMPD. “Bukan kami tidak ingin menerima. Tapi yang lebih berkompoten menjawabnya adalah BPMPD. Karena kami bukan lembaga pemutus,” ucap Bachtiar. Setelah mendengar penjelasan politisi PKB itu, para pendemo meninggalkan dewan.
Sementara itu, di ruang Komisi 1 DPRD telah ada sejumlah warga Tongkonunuk. Mereka keberatan lantaran panitia pilkades mengeluarkan dua keputusan. Mereka mendesak komisi yang membidangi pemerintahan itu mengeluarkan rekomendasi untuk menjadi pijakan mereka.
Namun desakan itu tak diamini Komisi 1. “Sampaikan aspirasi itu pada BPMPD. Sebab semua tahapan sudah berjalan. Tapi kalau belum puas, silahkan tempuh upaya hukum PTUN,” ujar anggota Komisi 1 Suprapto.
Panitia pilkades Tongkonunuk awalnya memenangkan calon tertentu. Hasilnya lahirkan aduan kepada P2H pilkades. Lewat sidang majelis P2H diputuskan pemenang calon yang berbeda. Hal ini yang menjadi obyek protes warga. Sama dengan warga Hunduhon. Setelah mendapat penjelasan, warga Tongkonunuk angkat kaki dan menuju kantor BPMPD Banggai. (yan)

About uman