Home » Berita Utama » Pemprov Belum Asistensi APBD Banggai
Pemprov Belum Asistensi APBD Banggai
Machsun Djaga

Pemprov Belum Asistensi APBD Banggai

LUWUK—APBD Banggai Tahun 2017 telah disahkan sejak tanggal 30 November. Meski begitu, dokumen APBD belum juga diasistensi Pemprov Sulteng.
Sekretaris Dewan (Sekwan) Banggai, Machsun Djaga, Selasa (6/12) mengatakan, saat berkoordinasi dengan Bidang Evaluasi BPKAD Provinsi Sulteng, Kabupaten Banggai masih menunggu jadwal asistensi. Sebab sebelumnya, Kabupaten Tolitoli lebih awal masuk. “Bahkan sebelum Tolitoli, sudah ada kabupaten lain yang lebih dulu memasukkan,” ujar Machsun.
Sekwan Banggai menepis kabar bahwa dokumen APBD belum diasistensi lantaran adanya penolakan dari Pemprov Sulteng.
“Kalaupun dikembalikan karena dianggap tidak lengkap, tentu saja ada surat dari Gubernur Sulteng sekaligus petunjuk untuk dilengkapi,” kata Sekwan.
Sementara itu, Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kabupaten Banggai Sukriyadi Lalu, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu jadwal asistensi Pemprov Sulteng. Antrean terjadi lantaran ada beberapa kabupaten yang memasukan dokumen APBD pada waktu yang hampir bersamaan. “Kami sudah 2 hari, malah ada yang 3 hari nongkrong di Pemprov. Kalaupun belum ada jadwal, rencananya kami akan kembali dulu ke Luwuk, sambil menunggu informasi waktu asistensi,” kata Sukriyadi.
Terkait penolakan Fraksi NasDem, Sukriyadi menjelaskan, dari aspek kelengkapan untuk proses asistensi, dokumennya sudah lengkap. “Dokumen APBD sebanyak 12 rangkap, Perda dan Perbup juga 12 rangkap serta risalah dan dokumen KUA PPAS tak ketinggalan,” ujarnya.
Sukriyadi tak menepis terkait adanya surat keberatan dari Fraksi NasDem DPRD Banggai atas pengesahan dokumen APBD 2017. “Saya sempat melihat surat Fraksi NasDem itu berada di atas meja Gubernur,” kata dia. Akan tetapi belumnya diasitensi dokumen ini bukan karena surat Fraksi NasDem, melainkan padatnya jadwal di Pemprov Sulteng.
Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Kabupaten Banggai, Imran Suni, mengakui, untuk asistensi APBD Tahun 2017, pemerintah daerah menunggu penjadwalan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Sulteng.
Sebab, bukan hanya Kabupaten Banggai, dimana APBD disepakati bersama dengan legislatif pada  tanggal 30 November. “Hampir semua daerah di Sulteng seperti itu. Jadi asistensinya pun nyaris bersamaan, kami sementara menunggu jadwal,” tuturnya belum lama ini.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Syahrial Labelo, memerkirakan asistensi APBD 2017 membutuhkan waktu sekira 2 minggu pasca persetujuan bersama antara Pemda dan DPRD Banggai. Meskipun demikian, Ia optimis asistensi ditingkat Kabupaten Banggai akan rampung pada pekan ketiga Desember. Dengan begitu, sebelum akhir tahun, tender kegiatan sudah dapat dilakukan dan kegiatan dapat dilaksanakan awal Januari atau Februari tahun depan. (yan/ris)

About uman