Home » Ekonomi » Ekspor Ikan Bisa Hemat 10 Hari
Ekspor Ikan Bisa Hemat 10 Hari
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Teluk Lalong, Luwuk beberapa waktu lalu. Disperindag Kabupaten Banggai ingin menyederhanakan pengurusan administrasi untuk ekspor di sektor perikanan.

Ekspor Ikan Bisa Hemat 10 Hari

LUWUK – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banggai ingin menyederhanakan pengurusan administrasi untuk ekspor di sektor perikanan. Jika terealisasi, pengiriman ikan dari daerah ini melalui kontainer bisa menghemat waktu hingga 10 hari untuk tiba di negara tujuan.
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banggai menyatakan, selama ini pengurusan administrasi dilakukan di Pelabuhan Banggai dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Akibatnya, kontainer yang berisi ikan harus diturunkan kembali dari kapal. “Ini kami masih terus upayakan agar urus administrasi di sini saja,” ucap Mulsandi, Senin (5/12).
Ikan dari Kabupaten Banggai, kata Mulsandi, telah masuk ke Eropa maupun Amerika Serikat. Sehingga perlu penyederhanaan jalur distribusi. “Hanya satu-satu kontainer saja dulu yang ke sana,” katanya.
Selain melalui, kapal laut, Mulsandi mengatakan, pihaknya akan mencoba menjajali pengiriman ikan hidup melalui udara dengan menggunakan jasa kargo Garuda Indonesia. “Sudah bisa melalui udara,” terangnya. (ali)

About uman