Home » Politik » Wilayah Bunta Harus jadi DOB
Wilayah Bunta Harus jadi DOB
Irwanto Kulap

Wilayah Bunta Harus jadi DOB

LUWUK— Terinspirasi dengan akan terbentuknya Provinsi Sultim, Irwanto Kulap kembali mewacanakan pembentukan kabupaten di dapil III. Bagi politisi Partai Golkar ini, wilayah tersebut sudah sangat ideal menjadi daerah otonom baru (DOB).
Bertempat di ruangan Komisi 1 DPRD Banggai, Senin (5/12) kemarin, aleg dua periode ini berujar, Bunta, Nuhon, Pagimana, Lobu dan Simpang Raya sudah layak berpisah dari induk Kabupaten Banggai. Selain dari jumlah kecamatan, kuantitas wajib pilih juga sudah bersyarat. “Ada 58 ribu lebih wajib pilih pada DOB itu nantinya,” kata Irwanto.
Disentil soal nama dari kabupaten baru tersebut, anggota Komisi 1 DPRD Banggai ini belum berspekulasi. “Kalau nama mudah untuk dirumuskan. Langkah awal yang dibangun adalah komitmen bagaimana merealisasikan DOB itu,” ujarnya.
Bagi Wanto sapaan akrab Irwanto Kulap, Tim Pergerakkan Masyarakat Sultim Bersatu (TPMSB) patut diberi acungan jempol. Sebab lewat gerakkan mereka, Sultim yang awalnya sudah tidak diharapkan, kini bangkit lagi. Bahkan dalam waktu tidak lama Sultim akan terbentuk. Berangkat dari itu, Wanto berniat akan berkoordinasi dengan TPMSB terkait masalah teknis untuk membentuk DOB. “Perlu kita menukar pengalaman dengan TPMSB,” ujarnya. (yan)

About uman