Home » Berita Utama » 81 Kotak Jabatan Hilang
81 Kotak Jabatan Hilang
Mustar Labolo

81 Kotak Jabatan Hilang

“Aturan ini cukup baik. Kalau dulu salah batuk saja langsung copot,” (kutipan Mustar Labolo)

LUWUK—Dipastikan 81 kotak jabatan hilang pada pelantikan pejabat eselon dilingkup Pemda Banggai yang rencananya dilaksanakan bulan ini. Kotak jabatan itu untuk eselon IV, III hingga eselon II.  “Sudah pasti ada yang tidak mendapat jabatan. Karena totalnya ada 81 kotak jabatan yang hilang,” kata Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo yang ditemui di rujab, Senin (5/12).
Mustar belum dapat memastikan tanggal berapa pelantikan pejabat jilid I yang akan dilaksanakan pemerintahan yang telah memasuki usia setengah tahun itu. Sebab kabar sebelumnya pelantikan dilaksanakan 18 Desember. “Yang pasti Januari 2017 semua organisasi perangkat daerah (OPD) baru,” ujar mantan aleg DPRD Sulteng asal Partai Demokrat ini.
Sebelum pelantikan lanjut Buya, sapaan akrab Mustar Labolo, Bupati akan mengundangnya beserta Sekkab, dalam rangka merumuskan kebijakan itu. “Acuannya jelas. Mulai dari prestasi, dedikasi, loyalitas serta tidak tercela,” tuturnya.
Apakah hasil fit Job dan uji kompetensi yang belum lama ini dilaksanakan Pemda Banggai akan dipublis? Mustar menjawab tidak. “Kan tidak mungkin hasil psikotes harus dipublis, karena itu area privasi. Yang pasti hasil fit job itu menjadi dasar dalam melaksanakan pelantikan,” ujarnya.
Ia menjelaskan, dalam rekruitmen jabatan, Pemda Banggai akan selektif. Mulai dari skil, managerial skil serta hasil fit job dan loyalitas menjadi ukuran. Sebab pasca pelantikan, nanti dua tahun kedepan dilakukan perombakan kembali. Hal ini memberi kesempatan kepada para pejabat birokrasi menjalankan tanggung jawabnya sekaligus berkompetisi untuk menorehkan prestasi. “Aturan ini cukup baik. Kalau dulu salah batuk saja langsung copot,” kata Buya. Disentil soal nasib Martono Suling, Buya enggan memberi tanggapan panjang lebar. “Yang bersangkutan kan tidak ikut fit job. Lantas mengapa tidak diikutkan, sebaiknya tanya yang bersangkutan,” kata Buya. (yan)

About uman