Home » Metro Luwuk » 2017, Banggai Ketambahan 2 Cabjari
2017, Banggai Ketambahan 2 Cabjari
Kabag Ortal Kejagung, Eko Siwi (kedua dari kanan) bersama Kajari Banggai, Sumurung P. Simaremare saat melakukan peninjauan lokasi calon Cabjari baru di kecamatan Bualemo, Rabu (30/11).

2017, Banggai Ketambahan 2 Cabjari

LUWUK-Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Banggai tahun 2017 mendatang dipastikan bakal bertambah. Itu setelah Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Biro Kejaksaan Agung RI, Eko Siwi, melakukan peninjauan lokasi di dua wilayah yang nantinya bakal ditempatkan kantor baru. Ke dua wilayah tersebut ialah kecamatan Toili Barat dan kecamatan Bualemo.
Penambahan itu dianggap perlu dilakukan mengingat wilayah Kabupaten Banggai yang sangat luas. Untuk dapat memaksimalkan pelayanan publik dari kejaksaan, maka penambahan dua Cabjari dianggap perlu. “Saya sudah tinjau lapangan ke lokasi dua tempat yang diajukan. Menurut saya memang perlu ditambah karena luas wilayah dan  adanya obvitnas (objek vital nasional) seperti Toili Barat dengan tambang migasnya,” kata Eko Siwi, Kamis (30/12).
Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai,  Sumurung P.  Simaremare menegaskan pemilihan ke dua wilayah itu karena jangkauan pelayanan publik dari Kejari Luwuk sangat jauh ke daerah Toili Barat dan Bualemo. Selain itu, adanya rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Sulawesi Timur dan DOB Kabupaten Tompotika membuat Kejaksaan Agung RI menilai usulan itu perlu ditindaklanjuti.
“Yang pasti dengan adanya dua cabjari baru tersebut, pelayanan hukum untuk mengamankan program pemerintah bisa berjalan maksimal,” tutupnya. (van)

About uman