Home » Politik » Enam Fraksi tak Gunakan Pandangan Umum
Enam Fraksi tak Gunakan Pandangan Umum
Enam dari tujuh fraksi di DPRD Banggai tidak menggunakan pandangan fraksi dalam menyikapi nota pengantar keuangan RAPBD 2017 yang dibacakan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo pada paripurna, Rabu (30/11).

Enam Fraksi tak Gunakan Pandangan Umum

LUWUK— Enam dari tujuh fraksi di DPRD Banggai, tidak menggunakan pandangan umumnya pada rapat paripurna pengantar nota keuangan RAPBD 2017 yang dibacakan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Rabu (30/11). Sementara Fraksi NasDem tak hadir pada paripurna sore itu, karena sehari sebelumnya memilih walk out dari ruang sidang rapat.
Usai pembacaan pengantar nota keuangan RAPBD 2017 oleh Mustar Labolo, Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang yang memimpin rapat itu langsung memberi kesempatan kepada fraksi untuk menyampaikan pandangan umum.
Fraksi PAN/PKB Ibrahim Darise menjadi pembuka. “Mulai dari pembahasan KUA PPAS hingga RAPBD kami ikut. Atas keterlibatan itu, maka fraksi kami tidak menggunakan hak politik pandangan umum,” kata Ibrahim Darise. Bali Mang merespons sikap fraksi itu. Dia pun berkelakar, “semoga masuk surga”.
Fraksi kedua yang diberi kesempatan adalah PKS. Nasir Himran yang menjadi juru bicara fraksi mengaku semua tahapan pihaknya dilibatkan. Dengan demikian tidak menggunakan pandangan umum. Kelakar Bali Mang ternyata disambut Nasir. “Insya Allah kita semua masuk surga,” ujar Ami Ateng sapaan akrab anggota Komisi 2 DPRD Banggai ini.
Baik Fraksi Gerindra maupun Fraksi PDIP, langsung diambil alih ketua fraksinya. Winancy dan Suprapto sepakat tidak menggunakan pandangan umum. Lagi-lagi Bali Mang menghidupkan suasana rapat yang turut dihadiri Sekkab Banggai Syahrial Labelo dan para Kepala SKPD itu. Kali ini kelakarnya dialamatkan pada PDIP. “Kalau kamu (Fraksi PDIP) tidak setuju, nanti saya kase tahu,” ujar Bali Mang. I Wayan Supadiyasa dan Saripudin Tjatjo masing-masing Fraksi Demokrat/Hanura dan Fraksi Golkar juga sepakat tidak menggunakan pandangan umum.
Paripurna yang dimulai pukul 16.00 wita itu tanpa dihadiri Fraksi NasDem. Bali Mang pun memberi penjelasan atas ketidak hadiran fraksi tersebut. “NasDem tidak ikut. Karena dari kemarin mereka walk out. Jadi enam fraksi yang setuju tidak menggunakan pandangan umumnya,” ujarnya. Sore itu juga dibentuk panitia khusus (Pansus) yang beranggotakan 19 aleg minus 16 anggota dewan yang absen. Dan tadi malam dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan bersama eksekutif dan legislatif APBD 2017. (yan)

About uman