Home » Politik » 18 Desember Pelantikan Pejabat Eselon
18 Desember Pelantikan Pejabat Eselon
Syaifudin Muid

18 Desember Pelantikan Pejabat Eselon

LUWUK— Bupati Banggai Herwin Yatim segera merombak ‘kabinetnya’. Rencananya pengisian jabatan eselon II dan eselon III pada organisasi perangkat daerah (OPD) itu dilaksanakan 18 Desember mendatang. Informasi ini disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Syaifuddin Muid via ponsel, Rabu (30/11).
Bila mengacu pada PP nomor 28 tahun 2016 tentang OPD, pelantikan dilaksanakan enam bulan sejak peraturan itu diterapkan. “Regulasinya ditetapkan pada Juni. Sehingga hitungan kami pelantikan dilaksanakan Desember atau tepatnya tanggal 18. Harus selesai pengisian jabatan. Jangan sampai terjadi kevakuman,” kata Syaifuddin.
Selain mengabarkan jadwal pelantikan, Pudin sapaan akrabnya juga menginformasikan bahwa hampir 90 persen OPD mengalami perubahan.
Pudin tak merincikan satu persatu OPD yang nomenklaturnya telah berubah. Ada beberapa diantara yang disampaikannya, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan bergabung dengan pemadam kebakaran (Damkar), Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) naik status menjadi Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan yang sebelumnya melekat bersama Dinas pendidikan, bergabung pada Dinas Pariwisata. Sementara Rumah Sakit Umum Daerah menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT), dengan demikian kepala OPD nya tak lagi eselon II, melainkan pejabat eselon III.
Disentil soal wacana akan menempati Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banggai menggantikan posisi Irpan Poma, Pudin enggan menanggapi serius. “Itu baru sebatas wacana. Kita tunggu saja hari H nya,” kata Pudin.
Yang jelas sambung dia, hasil job fit atau ujian kesesuaian bagi eselon II dan uji kompetensi bagi eselon III A, yang menjadi dasar Bupati Banggai dalam menempatkan pejabatnya. Dan tentu saja dengan beberapa pertimbangan pendukung lainnya, diantaranya rekam jejak. (yan)

About uman