Home » Politik » NasDem Kritisi Kinerja Saber Pungli
NasDem Kritisi Kinerja Saber Pungli
Zulharbi Amatahir

NasDem Kritisi Kinerja Saber Pungli

LUWUK— Di mata DPD Partai NasDem Banggai, tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) bekerja setengah hati. Tidak maksimalnnya peran salah satu Satgas yang notabene menjadi instruksi pemerintah pusat tersebut, maka kedepan tim Saber Pungli tidak mendapat kepercayaan publik.
Kritikkan tajam ini disampaikan Sekretaris DPD Partai NasDem Banggai, Zulharbi Amatahir yang ditemui di kantor DPRD Banggai, Selasa (29/11). Zulharbi yang juga staf ahli fraksi Partai NasDem ini mengatakan, mestinya tim saber pungli tidak melihat konteks tindakan suap pada besaran angka. “Rp1 rupiah pun jika melakukan upaya suap, maka itu tetap namanya perbuatan melawan hukum,” kata Zulharbi mengilustrasi.
Sejatinya lanjut Zulharbi, Satgas tim saber pungli dibentuk dalam rangka membangun sistem hukum yang adil, sehingga para pemangku kebijakan benar-benar berjalan pada rel yang menjadi ketentuan. Zulharbi menyandingkan dengan pungli pada Kementrian Perhubungan yang saat itu ditemukan Presiden RI Jokowi. Sekalipun besarannya tidak fantastis, namun pungli itu tetap diproses.
Kekecewaan Zulharbi sehingga harus menyodok tim saber pungli, lantaran dilepasnya oknum kepala dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Banggai berinisial JB, yang sebelumnya kena operasi tangkap tangan (OTT). Hanya karena uang suap tidak lebih dari Rp5 juta sehingga oknum pejabat eselon II itu tidak ditahan. “Jangan karena dibawah Rp5 juta dianggap lumrah,” sindir Zulharbi. (yan)

About uman