Home » Politik » Tim Saber Pungli Beri Efek Jera
Tim Saber Pungli Beri Efek Jera
Bachtiar Pasman

Tim Saber Pungli Beri Efek Jera

LUWUK— Tindakan yang dilakukan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Banggai, terhadap oknum pejabat yang terkena operasi tangan tangan (OTT) mendapat apresiasi anggota dewan. Hal itu diyakini dapat memberi efek jerah bagi oknum pejabat birokrasi yang ‘nakal’ lainnya.
Sekretaris Komisi 1 DPRD Banggai, Bachtiar Pasman Senin (28/11) berpendapat, terlepas Saber Pungli merupakan salah satu program nasional, namun penerapan di Kabupaten Banggai patut diberi apresiasi. Karena kata Bachtiar, tindakan ini paling efektif dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Mestinya kata politisi PKB ini, penindakan pungli di tubuh birokrasi dilakukan sejak lama. Karena modus mencari keuntungan secara pribadi maupun kelompok tersebut seakan sudah menjadi budaya. “Tapi itu tak masalah. Yang namanya untuk mencari kebaikan, tidak ada kata terlambat,” kata Om Tiar sapaan aleg dapil I ini.
Terlepas terbukti atau tidak OTT yang melilit oknum kepala dinas itu, namun diyakini Bachtiar tindakan Saber Pungli Polres Banggai dapat memberi efek jerah kepada aparat pemerintahan yang doyan melakukan pungli.
“Saya kira ini menjadi sebuah kelinci percobaan. Kedepan oknum pejabat di birokrasi, termasuk di legislatif akan pikir panjang untuk melakukan pungli,” kata mantan pejabat birokrasi ini.
Satu pesan Om Tiar pada closing statemennya, semua terpulang pada kadar iman pejabat. Apalagi di era modern saat ini persaingan hidup cukup kompetitif. “Kalau saja kita pandai bersabar, ikhlas dan rajin bersyukur kepada sang Khalik, perbuatan tidak terpuji itu jauh ditinggalkan,” ujar Bachtiar Pasman. (yan)

About uman