Home » Berita Utama » Dokumen APBD 2017 Diserahkan ke DPRD
Dokumen APBD 2017 Diserahkan ke DPRD
Mustar Labolo

Dokumen APBD 2017 Diserahkan ke DPRD

LUWUK-Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Banggai menuntaskan inputing data RKA APBD 2017. “Iya benar inputing data RKA sudah selesai, kami sudah tutup data base tadi malam,” ujar Kepala Bidang Anggaran BPKAD Banggai, Sukriyadi Lalu,Senin (28/11).
Setelah digandakan, dokumen APBD 2017 itu dibawa ke DPRD Banggai untuk dibahas. “Untuk pembahasan tergantung DPRD,” ujarnya.
Sebelumnya baik Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Imran Suni maupun Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Syahrial Labelo, menyatakan pemerintah daerah menargetkan penetapan APBD 2017 dilakukan 30 November atau sebulan sebelum tahun anggaran berakhir.
Dengan begitu setelah asistensi ditingkat provinsi maupun finalisasi ditingkat kabupaten banggai program dan kegiatan APBD 2017 sudah bisa dilaksanakan pada akhir tahun atau awal januari tahun depan.
Terpisah, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, mengakui,  pemerintah daerah dan DPRD memiliki komitmen yang sama untuk memercepat pembahasan APBD 2017.
Wabup mengatakan APBD akan ditetapkan tanggal 30 November karena sebelumnya sudah dilakukan meeting internal.
Dia menjelaskan, kondisi keuangan daerah boleh dibilang darurat karena sejak dilantik 8 juni lalu pihaknya diperhadapkan pada pembahasan RPJMD dan perubahan OPD. “Kami tidak mau kena sanksi lagi karena keterlambatan pelaksanaan seperti kemarin ada pemotongan DAU Rp 158 miliar,” ujarnya ditemui usai membuka workshop  jurnalis Sulteng yang digelar Otoritas Jasa Keuangan di Estrella Hotel, Senin(28/11).
Dengan ditetapkan 30 November dibutuhkan waktu dua minggu untuk asistensi APBD 2017 di Pemprov Sulteng. “Dengan begitu sebelum akhir tahun sudah bisa tender. Dan kegiatan sudah bisa berjalan pada bulan Januari atau Februari tahun depan,” kata politisi Demokrat yang akrab disapa Buya itu. (ris)

About uman