Home » Politik » Banggar DPRD Banggai Desak TAPD
Banggar DPRD Banggai Desak TAPD
Pada rapat paripurna KUA PPAS Senin (21/11) kemarin, Banggar DPRD Banggai mendesak TAPD untuk menganggarkan tunjangan dan pendapatan aleg pada APBD 2017.

Banggar DPRD Banggai Desak TAPD

LUWUK— Tak hanya soal anggaran rakyat yang menjadi pembahasan dalam rapat paripurna KUA PPAS tahun anggaran 2017, Senin (21/11) kemarin. Namun kalangan aleg yang masuk dalam badan anggaran (Banggar) juga mendesak tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk merealisasikan kenaikan tunjangan dan pendapatan mereka di DPRD Banggai.
Anggota Fraksi PAN Ibrahim Darise yang pertama mengasipirasikan itu. Pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD sekaligus Ketua Baleg Samsulbahri Mang, Ibrahim Darise mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi beberapa aleg di Kementrian Keuangan bahwa ada gambaran terjadi kenaikkan tunjangan dan pendapatan anggota DPRD se-Indonesia. “Segera diteken regulasi itu Desember 2016,” kata Ibrahim Darise.
Olehnya sambung Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai ini, TAPD segera memasukkan anggaran itu pada APBD 2017. Dan itu merujuk petunjuk dari Kementrian Keuangan.
Komentar ini disambut Samsulbahri Mang. Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) nomor 24 tahun 2016 itu harus jadi, mengingat sudah ditanda-tangan Presiden. Eksekutif tekan Bali Mang sapaan akrab politisi Golkar ini, jangan lagi beralasan tidak punya anggaran. Lagi pula pembayaran tunjangan dan pendapatan itu tidak bisa dirapel. “Harus dibayar Januari dan tolong pak Imran (Kepala BPKAD Banggai) sudah boleh dikali-kali memang. Jangan nanti dibayar saat perubahan,” ujar Bali Mang.
Bicara soal kesejahteraan aleg, anggota dewan Zaenuri sepertinya tak ingin diam. Meski singkat ia menambahkan “jangan sampai sudah ada penetapan, lantas belum dialokasikan dananya”. Kalaupun tidak ada posnya, sambung Bali Mang bisa dititip pada pos lain, seperti biaya bencana alan atau emergensi. Sekalipun menjadi salah satu topik hangat, namun tidak terungkap berapa besaran tunjangan dan pendapatan yang bakal diterima para wakil rakyat kita di parlemen lalong tersebut. (yan)

About uman