Home » Torang p Sekolah » Perketat Seleksi OSIS
Perketat Seleksi OSIS
Penyematan tanda pengenal peserta Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) oleh Kepala sekolah SMA Negeri 1 Luwuk, tanda kegiatan LKS telah dibuka, Sabtu (19/11).

Perketat Seleksi OSIS

LUWUK– Tidak mudah untuk menjadi anggota OSIS di SMA Negeri 1 Luwuk. Calon anggota harus mengikuti beberapa seleksi untuk bisa dikukuhkan sebagai anggota OSIS. Pembina OsiS Bidang kepemimpinan ,Djawan, mengatakan untuk menjadi anggota OSIS para calon anggota harus melewati banyak seleksi. Termasuk mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LKS) yang diadakan pada tanggal 19-20 November 2016.
Sebenarnya banyak yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota OSIS, dari seratus lebih pendaftar mereka diseleksi menjadi 80 peserta untuk mengikuti LKS sebagai prasyarat untuk menjadi anggota OSIS. Mereka yang mendaftarkan diri harus memiliki nilai yang baik, karena menjadi anggota OSIS akan banyak menyita waktu dengan banyaknya kegiatan OSIS. “Tujuan jangka pendek dari LKS adalah untuk mempersiapkan siswa menjadi pemimpin, sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah untuk masa depan mereka nanti,” ujar Djawan, Sabtu (19/11).
Selama 2 hari mengikuti LKS, para calon anggota akan mendapatkan materi tentang kemampuan siswa darid ewan guru dan kepala sekolah. Seleksi yang ketat juga berlaku untuk calon ketua OSIS. Bayangkan saja, untuk menjadi ketua OSIS di SMA Negeri 1 Luwuk, calon ketua OSIS diseleksi oleh pengurus lama, tes wawancara dengan wakil-wakil kepala sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Luwuk, termasuk guru BK, untuk melihat kesiapan mental calon ketua OSIS.
Sedang Ketua OSIS SMA Negeri 1 Luwuk,Andia, mengatakan hal yang sama. Mereka harus menggugurkan 20 lebih pendaftar untuk bisa mengikuti LKS. Alasan di balik itu semua adalah mereka ingin menemukan anggota OSIS yang benar-benar berkualitas dan mau bekerja.“Kami harus benar-benar menyeleksi mereka, karena banyak yang pintar, tapi tidak mau bekerja,” tutup Andia. (kha)

About uman