Home » Berita Utama » Ini Alasan Bambang Tingkatkan Kualitas Jalan Poh–Lumba Lumba
Ini Alasan Bambang Tingkatkan Kualitas Jalan Poh–Lumba Lumba
Bambang Eka

Ini Alasan Bambang Tingkatkan Kualitas Jalan Poh–Lumba Lumba

LUWUK—Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banggai mengalokasikan anggaran cukup besar untuk peningkatan kualitas jalan Poh–Lumba lumba, Kecamatan Pagimana.  Peningkatan kualitas jalan dengan anggaran sekira Rp 8,5 miliar itu diharapkan mampu mendorong konektivitas puluhan desa desa pesisir di wilayah kepala burung.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banggai, Bambang Eka Sutedi, kepada Luwuk Post, mengatakan, peningkatan kualitas jalan Poh-Siuna dilakukan untuk mendorong ekonomi masyarakat di wilayah kepala burung.
Dengan peningkatan kualitas jalan itu, pihaknya juga berharap, jalan di wilayah kepala burung bisa segera naik status menjadi jalan nasional.“Tahun lalu itu masih sementara diproses, belum resmi naik status menjadi jalan nasional,” katanya.
Menurut Bambang, akan sulit memerjuangkan perubahan status jalan jika jalan nasional terkoneksi dari Salodik ke Siuna yang harus memutar.“Lebih mudah dari Poh ke Lumba lumba, karena dari Balingara, Siuna, Bualemo, Balantak hingga Bunga berada di pesisir pantai,” paparnya.
Dibanding SKPD lainnya yang kelabakan memangkas anggaran, Dinas Pekerjaan Umum termasuk beruntung. Meskipun terdampak pemotongan Dana Alokasi Umum, instansi itu mendapatkan suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan sekira Rp 70 miliar. Lebih besar dibanding DAK Dinas PU Kabupaten Banggai pada penetapan APBD 2016 yang hanya sekira Rp 40 miliar.
Bambang mengatakan, kucuran DAK yang lebih besar dibanding penetapan tak lepas dari serapan anggaran yang cukup baik.“Dan  tentunya ini tak lepas dari peran Pak Bupati yang mampu meyakinkan pemerintah pusat bahwa DAK sangat dibutuhkan untuk membangun infrastruktur di daerah ini,” tandasnya. (ris)

About uman