Home » Metro Luwuk » Teluk Lalong Makin Kumuh
Teluk Lalong Makin Kumuh
Pakaian pedagang dijemur di sudut kafe Teluk Lalong. Kondisi ini membuat Teluk Lalong makin kumuh dan sangat merusak keindahan ikon Kabupaten Banggai ini.

Teluk Lalong Makin Kumuh

LUWUK-Teluk Lalong yang merupakan icon Kabupaten Banggai makin terlihat kumuh. Pasalnya, sejumlah pedagang yang ditempatkan di tepi tanggul, sudah menjadikan kafe tersebut sebagai tempat tinggal. Padahal, kafe itu hanya sebagai tempat berjualan.
Ketua Gabungan Aktivis Manthailobo (GAM), Idhin Massa menyatakan, seharusnya pedagang tidak bertindak seperti itu, karena sangat merusak keindahan teluk Lalong. Meskipun kafe tersebut hanya bersifat sementara.
“Apapun alasannya, tetap saja membuat teluk Lalong kumuh. Coba lihat sendiri, banyak pakaian yang digantung sembarangan. Ini bukti, bahwa kafe sudah dijadikan tempat tinggal,” tandasnya, Senin (14/11).
Dikatakan, Pemda terkesan tutup mata. Sebab, kondisi ini bukan hanya sekedar merusak pemandangan, tapi mencemari lingkungan. Bagaimana tidak, limbah pedagang hanya dibuang begitu saja di laut.
Akibatnya, setiap pagi banyak sampah yang terlihat di atas permukaan laut. “Tempat wisata sudah beralihfungsi ke pemukiman kumuh,” tutur juru kunci Teluk Lalong itu.
Pemda harus segera mengatasi persoalan ini. Minimal memberikan himbauan kepada pedagang. “Walaupun hanya beberapa bulan saja di situ, tapi jangan jadikan Teluk Lalong layaknya kampung nelayan,” tegas Idhin.(awi)

About uman