Home » Politik » Muscab Gapensi, Sukri Janji Netral
Muscab Gapensi, Sukri Janji Netral
Sukri Djalumang

Muscab Gapensi, Sukri Janji Netral

LUWUK– Sukri Djalumang berkeinginan agar kompetisi pemilihan Ketua BPC Gapensi Kabupaten Banggai berjalan kompetitif. Makanya pada momentum lima tahunan itu, ketua organisasi profesi dua periode lebih ini berjanji akan bersikap netral.
Ditemui di kantor BPC Gapensi Kabupaten Banggai Senin (14/11), Sukri mengatakan, semua pengurus punya ruang yang sama untuk berkompetisi pada Muscab yang akan dilaksanakan 19 Nopember mendatang. Agar pertarungan berjalan demokratis, Sukri mengaku tak ingin berpihak pada salah satu bakal calon.
“Semua kader sekaligus teman. Saya memilih sikap netral pada Muscab nantinya,” kata mantan aleg Golkar yang kini memilih NasDem sebagai partai politik barunya. Disebut-sebut akan membackup Sunardy Hongkiriwang alias Ko Suntek sebagai calon kuat, Sukri buru-buru menepisnya. “Tidak ada yang saya jagokan. Semua kader binaan. Dan sangat tidak etis jika harus memberi afilisasi terhadap satu calon,” ujar Sukri.
Sebagai Ketua Gapensi Banggai selama 12 tahun Sukri berharap tercipta kaderisasi dalam induk organisasi tersebut. Dengan demikian ia tak ingin mencampur lebih jauh terkait momentum pemilihan Ketua Gapensi Banggai satu periode mendatang.

SYARAT CALON
Sekretaris BPC Gapensi Banggai sekaligus Ketua Panitia Muscab Gapensi ke VII, Ismanto Tiadja mengatakan, bakal calon ketua harus memenuhi dua syarat mutlak. Kedua ketentuan itu yakni memiliki kartu tanda anggota (KTA) Gapensi selama tiga tahun berturut-turut serta pernah menjadi pengurus selama 1 periode atau lima tahun. Selain para bakal calon ketua, panitia juga tegas menerapkan aturan main terkait kepesertaan.
Bagi peserta kata Ismanto, wajib terdaftar KTA tahun berjalan 2016. Ketentuan ini sengaja disampaikan Ismanto, karena masih ada pengurus yang tidak mengurus KTA nya. “Sebagai gambaran, ada 100 lebih anggota Gapensi Banggai, namun yang baru mendaftar ulang sekitar 80 anggota,” ujar Ismanto. (yan)

About uman