Home » Torang p Sekolah » Pemda Tak Diharamkan Beri Bantuan
Pemda Tak Diharamkan Beri Bantuan
Hamka Puasa

Pemda Tak Diharamkan Beri Bantuan

LUWUK – Meskipun Januari 2017 SMA/SMK Kabupaten Banggai akan berpindah pengelolaan ke Provinsi, tapi Pemerintah Kabupaten Tidak diharamkan untuk memberikan bantuan kepada SMA/SMK yang ada di Kabupaten Banggai. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Hamka Puasa mengatakan, tidak ada larangan untuk pemerintah daerah memberikan bantuan seperti beasiswa kepada siswa SMA/SMK sekalipun pengelolaanya telah pindah ke Provinsi.
Hamka Puasa juga mengatakan, pemberian bantuan dari pemerintah daerah justru berdampak baik untuk pendidikan yang ada di Kabupaten Banggai. Pemberian bantuan kepada SMA/SMK dari Pemerintah daerah merupakan bentuk kepedulian daerah kepada majunya pendidikan daerah ini. “Malah bagus kalau pemda memberikan bantuan, toh mereka kan anak daerah juga,” ungkapnya, Selasa (1/11).
Dilain tempat pegiat pendidikan Apriliani Dyah Palupi justru menghawatirkan kinerja Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah. Menurutnya, Dinas Provinsi harus mekerja ekstra keras. Dikarenakan, untuk menangani 40 an lebih SMA/SMK yang ada di Kabupaten Banggai, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai masih kelimpungan, apa lagi provinsi yang harus mengurus ratusan SMA/SMK se Sulawesi Tengah.
Ada kekhawatiran sekolah yang berada di pelosok malah semakin tidak dilihat oleh pemerintah daerah, misalnya saja pemerataan Guru dan pemenuhan sarana prasarana yang masih menjadi PR dinas Kabupaten akan menjadi PR Dinas Provinsi. Untuk skala Kabupaten Banggai masih ada SMA/SMK yang mengalami kekurangan guru terutama untuk sekolah yang berada pelosok seperti Kecamatan Balantak dan sekitarnya.
“Karena jarak yang jauh apa sekolah yang berada di pelosok mendapatakan fasilitas yang sama? Belum lagi soal pemerataan guru yang belum selesai-selesai, yah semoga apa yang dikhawatirkan tak menjadi kenyataan,” tutupnya. (kha)

About uman