Home » Politik » Warga Lobu Butuh Jembatan
Warga Lobu Butuh Jembatan
Nasir Himran

Warga Lobu Butuh Jembatan

LUWUK– Warga desa Balean dan Bahingin Kecamatan Lobu terkesan dianaktirikan pemerintah. Sejak zaman distrik hingga menjadi kecamatan baru, fasilitas infrastruktur jembatan belum pernah dibangun. Hal ini yang membuat anggota Komisi 2 DPRD Banggai, Nasir Himran miris dan mengkritisi pemerintah melalui dinas terkait.
Ditemui di kantor dewan, Jumat (28/10) kemarin, aleg asal dapil III (include Kecamatan Bualemo) ini mengatakan, pembangunan jembatan pada dua desa itu sudah beberapa kali diusulkan baik pada reses maupun momentum musrenbang. Namun sampai hari ini tak pernah direalisasikan.
Bahkan yang lebih disesalkan aleg PKS yang biasa disapa Ami Ateng ini, dana alokasi khusus (DAK) Rp70 miliar, tak memprogramkan pembangunan jembatan di Kecamatan Lobu. “Wajar saja jika saya berang. Masa wilayah yang mestinya diprioritas untuk dibangunkan jembatan, tapi tidak tersentuh lewat DAK dari Kementrian PU,” kata politisi berbadan subur ini.
Dari 15 paket yang dikerjakan melalui DAK, salah satunya sebut Ami Ateng pembangunan jalan Poh-Siuna. Kata dia, itu belum menjadi skala prioritas. Pasalnya sepanjang jalan itu tidak ada perkampungan. Padahal di tempat lain, sangat membutuhkan pembangunan jalan. “Terpaksa saya harus negatif tinking. Bagi saya ini ada kepentingan sehingga pembagian DAK tidak merata,” ucapnya.
Pada penetapan APBD 2017 lanjut Ami Ateng fenomena ini jangan terulang. Tak hanya Dinas Pekerjaan Umum (PU), akan tetapi semua SKPD yang mengelola proyek harus transparan kepada DPRD. Sehingga akan benar-benar terseleksi mana yang prioritas dan mana yang belum mendesak. (yan)

About uman