Home » Politik » Perda Perlindungan Konsumen Diaspirasikan
Perda Perlindungan Konsumen Diaspirasikan
Evert Kuganda

Perda Perlindungan Konsumen Diaspirasikan

LUWUK– Mulai maraknya keresahan konsumen terhadap keberadaan kolektor dari sejumlah perusahaan kredit di Kota Luwuk, sehingga lahir aspirasi adanya regulasi. DPRD Banggai diminta untuk melahirkan peraturan daerah (Perda) inisiatif terkait perlindungan konsumen.
Salah seorang warga asal Kecamatan Batui yang bertandang di kantor DPRD Banggai, Jumat (28/10) kemarin mengatakan, banyak konsumen yang merasa dirugikan atas ulah sejumlah perusahaan kredit. Bahkan tidak sedikit terjadi pertikaian antara konsumen dengan petugas kolektor dari finance tersebut.
Aturan main lanjut sumber yang meminta identitasnya tak disebut oleh perusahaan kredit dinilai timpang dan sangat merugikan konsumen. Olehnya saran sumber perlu ada regulasi yang mengatur tentang keberadaan finance. Lagi pula lewat Perda, pemerintah bisa mendapat kontribusi dari keuntungan finance yang mencapai miliaran rupiah per tahun itu. “Kami harap dewan bisa memikirkan hal ini, dengan menerbitkan Perda inisiatifnya,” jelas sumber.
Ketua badan legislasi (Baleg) DPRD Banggai, Evert Kuganda yang dimintai tanggapan mengaku sepakat dengan aspirasi tersebut. “Saya respons saran itu,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai ini. Langkah awal yang akan dilakukan Baleg kata Evert, mengundang dinas terkait. Dan kalau memang dibutuhkan Perda inisiatif, Baleg akan mendorong di dewan. (yan)

About uman