Home » Politik » Forkades se-Kabupaten Banggai segera Dibentuk
Forkades se-Kabupaten Banggai segera Dibentuk
Sumitro Aliwu

Forkades se-Kabupaten Banggai segera Dibentuk

LUWUK– Forum kepala desa (Forkades) se-Kabupaten Banggai segera dibentuk. Rencananya, pengukuhan Forkades yang berpersonilkan 291 Kades itu akan dilaksanakan pasca pelaksanaan pilkades serentak 14 November mendatang.
Penginisiatif Forkades se-Kabupaten Banggai, Sumitro Aliwu yang juga Kades Tontouan, bertempat di kantor DPRD Banggai, Kamis (27/10) kemarin mengatakan, ada beberapa out put yang ingin dicapai dengan dibentuknya forum itu. Selain sebagai wadah silahturahim sesama Kades sekaligus sebagai tempat untuk saling tukar informasi.
Obsesi yang tidak kalah pentingnya lagi lanjut pria yang biasa disapa Bagong ini, para Kades kini mengelola anggaran yang cukup besar. Pengelolaan anggaran yang mencapai miliaran rupiah itu, tentu bukan hal mudah. Dengan adanya Forkades, maka sesama Kades bisa saling berkoordinasi sekaligus saling mengingatkan agar dalam mengelola anggaran tidak keliru.
“Pengelolaan anggaran besar di desa, rentan dengan pelanggaran. Nah, lewat wadah itu sesama kades bisa saling mengingatkan,” kata pelatih PSSI Banggai yang berlisensi nasional ini.
Kapan Forkades se-Kabupaten Banggai dibentuk? Bagon kembali berujar, rencananya setelah selesai Pilkades serentak. Tapi, sebelumnya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bupati Banggai Herwin Yatim. “Tentu kita sowan dulu dengan pak Bupati. Paling tidak kami meminta saran serta masukkan yang konstruktif,” jelas Bagong.
Kades yang masa periode kepemimpinannya berakhir tahun 2020 ini buru-buru menampik bahwa Forkades bakal digiring ke areal politik praktis. “Peran Forkades fokus pada kinerja Kades. Bukan berafiliasi pada politik praktis,” tepis Bagong. (yan)

About uman